Sentra Jeruk Pamelo, Desa Bageng Resmi Jadi Desa Wisata di Pati

101fm, Pati Gembong – Pemerintah Kabupaten Pati meresmikan Desa Bageng Kecamatan Gembong menjadi Desa Wisata, Sabtu pagi (21/11). Desa Bageng menjadi desa wisata ketiga di Pati yang memiliki kekhasan jeruk pamelo.
Setelah Desa Talun Kecamatan Kayen, dan Desa Tunggulsari Kecamatan Tayu, Pemerintah Kabupaten Pati kembali menetapkan Desa Bageng Kecamatan Gembong sebagai desa wisata. Rencananya nanti Desa Jrahi Kecamatan Cluwak juga menyusul menjadi desa wisata.
“Kebetulan Desa Bageng memiliki buah lokal yang tidak ada di desa atau kecamatan lain cukup menarik yaitu jeruk pamelo dan rasanya memang berbeda. Sehingga kita tetapkan sebagai desa wisata wisata agar nanti masyarakat bisa menikmati wisata alam maupun petik buah jeruk pamelo,” demikian Bupati Pati Haryanto usai meresmikan Desa Bageng Kecamatan Gembong sebagai desa wisata.

Bupati Pati berharap, kedepan pendapatan bisa meningkat baik yang menanam jeruk maupun masyarakat pelaku UMKM. Karena selain buah jeruk pamelo, Desa Bageng memiliki kerajinan mulai makanan ringan, hingga batik pamelo. Sedang untuk jeruk pamelo yang menjadi ikon Desa Wisata Desa Bageng, baik rasa maupun tekstur buahnya beda dengan jeruk-jeruk sejenisnya. “Rasanya berbeda, tekstur buahnya juga lain dari jeruk bageng. Di tempat lain juga hidup tapi rasanya berbeda. Dan kita juga sudah punya sertifikat jeruk pamelo itu milik Kabupaten Pati,” terangnya.
Bupati Pati Haryanto didampingi Wakil Bupati Saiful Arifin bersama pejabat Forkompimda menegaskan, peresmian Desa Bageng Kecamatan Gembong sebagai desa wisata bukan sekadar pengakuan semata, tapi sertifikat resmi dari Kementerian Pertanian RI.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla