Pandemi Covid-19, Pendonor Darah di PMI Pati Turun

101fm, Pati Kota – Selama pandemi corona, PMI Kabupaten Pati merasakan terjadinya penurunan pendonor darah secara signifikan. Penurunan ini mempengaruhi kebutuhan darah untuk keperluan medis di sejumlah rumah sakit di Pati.
Pandemi corona dan perkembangan kasus terkonfirmasi yang kembali meningkat, berpengaruh terhadap masyarakat yang hendak mendonorkan darahnya.
Kepala UTD PMI Kabupaten Pati Syafaati mengatakan, pihaknya masih mampu mencukupi kebutuhan darah untuk keperlun medis rerata tiga puluh ampul perhari. “Prinsip kami PMI adalah untuk masyarakat dari masyarakat dan untuk masyarakat jadi kita saling membantu untuk sesama. Tapi kondisi pandemi corona ini, membuat seseorang itu takut untuk donor darah,” katanya.

PMI, kata Syafaati juga mengetatkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan covid-19 saat warga datang untuk berdonor. Sebelum memasuki ruangan, seorang pendonor disarankan untuk mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengenakan masker, serta bagi komunitas-komunitas diimbau untuk datang secara bergiliran untuk menghindari kerumunan. “Sampai dengan hari ini yang sudah masuk di antaranya Di PGRI sama Korpri yang sudah menjadualkan, namun nanti dengan sistem protokol kesehatan yang ketat kami minta untuk kedatangannya bergilir dan tempatnya nanti ada di PGRI juga di Korpri,” tutur Syafaati.
Untuk jemput bola donor darah, kata Kepala UTD PMI Pati Syafaati, juga turun drastis dari semula hingga 50% hingga 60% dibanding sebelum pandemi corona.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla