Tak Terpengaruh PPKM, Ponpes Raudlatul Quran Kaliampo Tetap Ketatkan Prokes

101fm, Pati Margorejo – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlaku untuk semua tanpa terkecuali termasuk kegiatan di pondok-pondok pesantren (ponpes). Tapi bagi ponpes dengan sedikit santri, dan mengetatkan prokes, pembelajaran ilmu-ilmu agama masih bisa tetap berlangsung.
Menimba ilmu-ilmu agama bisa terus berlanjut di tengah pandemi covid-19 dan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dengan jumlah santri tidak lebih dari dua puluh orang, Pondok Pesantren Raudlatul Quran Kaliampo masih melakukan kegiatan pengajaran ilmu-ilmu agama. Hanya saja durasi pembelajaran tidak lebih dari sehari dalam sepekan rerata kurang dari satu jam.

“Untuk sistem pengajaran pada saat pandemi sekitar 50% dari hari sebelum pandemi. Masuknya tidak full kira-kira satu minggu satu kali. Tetapi dengan tata cara ini dari guru dan siswa mengalami kejenuhan di samping orang tuanya yang tidak mampu itu sulit jadi terpaksa hasil dari pembelajaran ini bersifat subjektif,” demikian Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Quran Kaliampo, KH Ahmad Zahid Duri.
Dia menjelaskan, total santri yang masih ada di pondok hanya delapan santri putri dan dua belas santri putra, lima diantaranya dari Sumatera. Untuk jumlah santri yang sedikit penerapan PPKM tidak terlalu berdampak, meski harus menjamin santri-santrinya dengan pengetatan protokol kesehatan, meski untuk penerapan PPKM oleh pemerintah pihak pondok hanya menerima informasi dari WA grup. Menggunakan masker saat beraktifitas di mushola, masjid atau dalam kegiatan mengaji ilmu-ilmu agama. “Untuk Kebersihan dan jarak juga diatur seperti tempat tidur, tempat makan, tempat mandi. Untuk sambangan para santri hari dan jamnya masih bebas tetapi harus mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.
Sedang untuk santri yang pulang dan belum kembali ke pondok, tutur Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Quran Kaliampo, KH Ahmad Zahid Duri, dalam pembelajarannya mengikuti secara dalam jaringan (daring/online).(tim liputan PAS Pati)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla