Pemkab Pati Apresiasi Program Operasi Katarak Gratis

Pati, Kota – Operasi katarak gratis bagi warga miskin dari Balai Kesehatan Indera Mata (BKIM) Provinsi Jawa Tengah, mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Pati.  Apresiasi tersebut dengan memfasilitasi program operasi katarak gratis di RSUD RAA Soewondo Pati kepada 34 pasien yang belum terjangkau program JKN-KIS.
Operasi katarak gratis yang merupakan rangkaian Bakti sosial Balai Kesehatan Indera Mata (BKIM) Provinsi Jawa Tengah dalam rangka Hari Penglihatan Sedunia 2017, telah terselenggara di RSUD RAA Soewondo Pati, (12/10) lalu.

Bupati Pati Haryanto menyambut positif BKIM Provinsi Jawa Tengah, dalam rangka menyehatkan masyarakat di Kabupaten Pati dari kebutaan akibat katarak. Lebih lagi, pasien sasaran program warga miskin yang belum terjangkau BPJS Kesehatan.
“Saya ucapkan terima kasih bagaimanapun juga kemarin kebetulan saya juga menjenguk pasien bertemu dengan warga kami yang tidak mampu operasi katarak. Kemudian kami, ketemu dengan Direktur dan Wakil Direktur saya sarankan agar dibantu dan diselesaikan gratis karena tidak mampu. Dan kebetulan ada program ini, yang kebetulan juga gratis,” katanya.
Bupati Haryanto berharap, program BKIM Prov Jawa Tengah, benar-benar bisa membantu masyarakat yang semula penglihatanya terganggu, bisa kembali normal. Meski, pasien yang rerata usia diatas 55 tahun harus menjalani operasi ringan selama beberapa menit.
“Dan tadi kita lihat sendiri, operasi itu nampaknya juga agak susah. Tapi kalau itu yang menangani ahli dalam bidangnya spesialis bisa dengan cepat, dan saya tanya dalam beberapa jam sudah mengoperasi lima pasien. Rata-rata seorang dokter mengoperasi dalam waktu 10 – 15 menit itu sudah barang tentu kalau tidak profesional tidak bisa,” terangnya.
Program operasi katarak gratis, di Kabupaten Pati  juga pernah diselenggarakan Pemkab, Kodim 0718/Pati dan Polres Pati kerjasama dengan  rumah sakit suasta, beberapa waktu lalu.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla