Cetak
Dilihat: 1142

Pati, Kota – Dengan mengerahkan 21 pengurus di tingkat kecamatan,  DPD Partai Golkar Kabupaten Pati menyerahkan dokumen persyaratan keanggotaan partainya di dalam satu kotak ke KPU Kabupaten Pati. Setelah dilakukan penelitian dokumen  keanggotaan oleh petugas KPU, dinyatakan lengkap dan diberi tanda terima.

Meski sempat menyatakan sejumlah dokumen tidak lengkap, dan meminta untuk melengkapi, akhirnya KPU Kabupaten Pati menyatakan dokumen persyaratan keanggotaan Partai Golkar Kabupaten, lengkap. Total keanggotaan Partai Golkar di Kabupaten Pati berdasarkan data di sistem informasi partai politik (Sipol) dan bukti fisik yang diserahkan ke KPU Kabupaten Pati, sebanyak 2.057.  
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pati H. Adji Sudarmadji mengatakan, dalam penelitian KPU awalnya memang belum lengkap, karena terkait bukti fisik surat keterangan e-KTP yang tidak dilampirkan dalam berkas dokumen. Meski, didalam berkas juga turut dilampirkan salinan Kartu Tanda Anggota Partai Golkar.   
“Surat keterangan ini memang berlaku (tidak ada masalah), karena NIK-nya juga tercantum. Cuma, untuk verifikasi keanggotaan Parpol dengan sistem informasi partai politik (sipol) tidak muncul. Karena terlalu lebar (ukuran kertas folio), sementara yang bisa dicetak di aplikasi sipol, sebesar KTP dan KTA. Sehingga disini di KPU memerlukan bukti fisik surat keterangan untuk dilampirkan,” kata Adji Sudarmadji.
Namun dengan kesiapan dokumen yang lengkap hingga kepengurusan di tingkat kecamatan, permintaan KPU untuk melampirkan salinan surat keterangan e KTP, bisa dipenuhi.
Ketua KPU Kabupaten Pati, Muhammad Nasich menjelaskan, salinan surat keterangan sebagai pengganti KTP elektronik karena belum cetak itu memang tetap harus dilampirkan, meski bentuknya besar. Karena sebagai bukti, KTP elektroniknya memang ada, dalam bentuk surat keterangan.
“Sehingga dua-duanya harus ada, tidak boleh salah satu kosong. Meski bentuknya besar tetap kita lampirkan walau harus ditaruh dibawahnya.  Setelah data sipol dengan data di dokumen yang diserahkan ke KPU sama, dinyatakan sudah memenuhi syarat,” ujar Muhammad Nasich.
Setelah menyatakan lengkap,  Ketua KPU Kabupaten Pati Muhammad Nasich didampingi seluruh Komisioenr lainnya menyerahkan tanda terima kepada Ketua DPD Partai Golkar H. Adji Sudarmadji, didampingi Sekretaris Hj Endah Sri Wahyuningati bersama pengurus lainnya.(•)

0
0
0
s2smodern
powered by social2s