Temukan Paper Bag Ramah Lingkungan Siswa SMA PGRI 2 Kayen Raih Medal Honorable Mention di Ajang ISPO

101FM, Pati Kayen – Temuan pelajar SMA PGRI 2 Kayen kembali meraih penghargaan di kontes Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) di Jakarta, 19 – 21 Februari 2021 secara virtual.

Pelajar SMA PGRI 2 Kayen (Arinda Kusumaningrum dan Via Valenta) menerima penobatan sebagai juara dengan penghargaan khusus (medal honorable mention) dari dewan juri di ajang Indonesia Science Project Olimpiad (ISPO).

Penghargaan yang mereka raih, kata Guru Pembimbing Tim Sains SMA PGRI 2 Kayen Betty Sinta Indriyani, berkat temuannya menciptakan tas kertas ramah lingkungan, dengan memanfaatkan limbah batang pisang dan jerami padi. “Mereka membuat material paper bag dari jerami padi dan batang pisang. Mereka menciptakan ini untuk meminimalkan penggunaan kantong plastik yang sulit terurai oleh alam,” tuturnya.

Betty menuturkan, kedua siswanya itu menyelesaikan proyek penelitiannya hampir empat bulan lamanya. Mulai dari penyusunan proposal awal hingga pembuatan laporan akhir. Itu dikerjakan akhir 2020 sampai awal 2021. “Ini berawal dari mereka banyak melihat limbah pohon pisang dan jerami yang belum dimanfaatkan secara maksimal kecuali untuk pakan ternak, kemudian mereka mencoba untuk manfaatkanya untuk bahan yang lain,” jelasnya.

Guru Pembimbing Tim Sains SMA PGRI 2 Kayen Betty Sinta Indriyani mengatakan temuan material baham tas kertas standart karton perpaduan jerami padi dan pohon pisang ini seratus persen ramah lingkungan. Ini sekaligus untuk menanggulangi dan mengurangi pembalakan liar untuk bahan baku kertas.(pas-gus)

 

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla