Kementan dan DPR RI Bimtek 500 Penyuluh dan Petani Milenial

101fm, Pati Kota - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Komisi IV DPR RI menggelar bimbingan teknik (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Penyuluh dan Petani Milenial di Kabupaten Pati. Ini sebagai cara untuk meningkatkan produksi pertanian.

Bimbingan teknik tersebut mengikut-sertakan dua ratus petani milenial dan penyuluh yang terbagi dalam dua hari di New Merdeka Hotelf, dari 24 – 25 Maret 2021. Kegiatan ini merupakan bagian dari diverstifikasi dan modernisasi pertanian dengan menyiapkan sumber daya manusia melalui peningkatan kapasitas.

“Kegiatan bimtek ini adalah salah satunya dengan kegiatan yang sifatnya memotifasi kepada petani milenial agar mereka mencintai kegiatan pertanian pada umumnya. Nanti melalui penyuluh pertanian yang akan mendampingi melalui sapta usaha apa yang dilaksanakan sehingga petani-petani muda ini bisa menjadi atau bisa menciptakan lapangan pekerjaan atau job creator,” demikian Ketua UPPM Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) Drs Akimi MM, di sela-sela Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh dan Petani Milenial.

Melalui bimtek ini, kata Akimi, harapan Kementan RI dan Komisi IV DPR RI agar petani bisa melaksanakan sapta usahanya dengan benar sehingga mencapai pertanian yang suksek mandiri berhasil serta bisa meningkatkan kesejahteraan petani, karena selama ini Kementerian Pertanian juga sudah memberikan fasilitas sarana dan prasarana, bibit, dari hulu sampai hilir untuk mendukung petani.

Menyinggung kekurangan penyuluh, Akimi mengaku, saat ini penyuluh pertanian itu belum bisa memfasilitasi 1 desa 1 penyuluh, tapi melalui Kementan dengan berbagai usaha dan upayanya ada mengangkat penyuluh swakarya dan penyuluh swadaya. “Dengan demikian diharpakan bisa memasilitasi petani muda (milenial), juga mengangkat penyuluh-penyuluh tenaga harian lepas (THL) ini semata-mata untuk bisa mencukupi penyuluh yang selama ini memang sedang mengalami penurunan dari kapasitasnya,” katanya.

Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh dan Petani Milenial yang diselenggarakan Kementan dan anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo di daerah pemilihan Jateng III, total menyasar kepada 350 petani milenial dan 150 penyuluh. 100 orang di Kabupaten Rembang pada 22 Maret, 200 orang di Kabupaten Pati pada 24-25 Maret, 100 orang di Kabupaten Blora pada 29 Maret, serta 100 orang di Kabupaten Grobogan pada 1 April 2021.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla