Buka Konferkab PWI, Bupati Pati Apresiasi Penyelenggaraan UKW

101pasfmpati, Pati Kota -  Sertifikasi uji kompetensi wartawan (UKW) penting awak media. Selain menjadikan lebih profesional, ini juga menjadi kontrol bagi wartawan/jurnalis dalam berkarya menuangkan hasil liputannya kepada masyarakat.
Upaya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyelenggarakan uji kompetensi wartawan (UKW) mendapat apresiasi Bupati Pati Haryanto, saat membuka Konferensi Kabupaten PWI Pati, di ruang rapat Penjawi Setda Pati, Sabtu (3/4/2021). Karena dengan uji kompetensi itu, wartawan atau awak media akan dapat menyajikan berita-berita yang berkualitas tidak sekadar viral seperti di media-media sosial. “Kita sudah bekerja sama baik dengan PWI, meski terkadang terjadi adanya berita di media-media online. Kita tidak hanya membuat berita-berita yang viral saja, tapi yang terpenting mendidik,” ujarnya.

Sekretaris PWI Jawa Tengah Setyawan Hendra Kelana menuturkan, di era sekarang ini, media harus dapat membendung informasi-informasi yang tidak bertanggung jawab (hoaks). “Sebagai media mulai sadar melihat kebenaran adalah sebuah fakta. Di dalam UU Nomor 40 tahun 1999, tidak hanya mengatur tentang pers tapi juga melindungi masyarakat. Ketika jurnalis menjalankan tugas taat kepada UU sama artinya melindungi masyarakat dari berita-berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” terangnya.
PWI Jateng, kata Setyawan, terus meningkatkan kapasitas para pekerja pers anggota PWI untuk bisa berkarya dengan cara-cara bermartabat. Ada pertanggung-jawaban seorang pekerja pers. “Kita mengenal Uji Kompetensi Wartawan. Ketika wartawan memiliki SDM yang bagus idealnya ada sertifikasi. Dan UKW ini merupakan pelengkap wartawan yang tidak hanya mahir membuat berita tapi juga mahir dalam berkode etik jurnalistik. Apa artinya, ketika jurnalistik pandai menulis tapi mengesampingkan kode etik,” ujarnya .
Sekretaris PWI Jawa Tengah Setyawan Hendra Kelana mengajak wartawan dengan media yang jelas dan memenuhi persyaratan untuk meningkatkan kapasitasnya melalui UKW ini. Pada 8 – 9 April 2021, 24 wartawan yang terbagi dalam satu kelompok wartawan madya dan tiga kelompok wartawan muda mengikuti uji kompetensi kewartawanan yang difasilitasi Gubernur Jawa Tengah dilakukan PWI dan IJTI.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla