Dialog Lintas Agama Redam Kegaduhan

101pasfmpati, Pati Kota - Aksi terorisme yang belakangan ini membuat gaduh masyarakat, melatar-belakangi terselenggaranya Dialog Lintas Agama, yang digelar Kemenag dan FKUB Kabupaten Pati, di Hotel Saffin, Selasa (6/5/2021). Ini untuk tetap menjaga agar masyarakat tetap kondusif serta jauh dari aksi teror.
Dialog Lintas Agama ini melibatkan seluruh tokoh-tokoh agama serta perwakilan tokoh penghayat kepercayaan.
Dalam sambutanya Bupati Haryanto mengatakan, kerjasama dalam penyelenggaraan Dialog Lintas Agama ini untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Pati.
"Oleh karena itu, untuk menyikapi dan mengantisipasi aksi-aksi teror dan radikalisme kondisi semacam ini, memang melalui dialog. Yaitu dengan dialog yang dikemas seperti ini. Bila diantisipasi dengan membungkam orang untuk berpendapat, ya sangat tidak tepat. Sebab saat ini masyarakat memiliki kebebasan untuk berpendapat", jelas Bupati.

Namun, lanjut Bupati, bila terlalu bebas memberikan kebebasan berpendapat dengan tidak mengenal kalangan, maka juga dapat menimbulkan dampak yang membahayakan persatuan dan kesatuan negara.
"Saya yakin seyakin – yakinnya,semua agama maupun semua yang hadir disini, tidak ada yang mengajarkan hal demikian. Sebab mereka yang ekstrim itu pemikirannya seringkali adalah liberal dan sering menyalahkan pemerintah", paparnya.
Sehingga melalui dialog yang dikemas untuk lintas agama dan lintas sektor, dapat meredam kondisi yang ada saat ini. Bila di Kabupaten Pati, lanjut Bupati, muncul indikasi skala kecil, langsung segera ditangani. Dikatakan Bupati Haryanto, sejak menjabat Bupati Pati hingga sekarang ini tidak ada masalah, kegaduhan maupun kisruh yang terjadi akibat pembangunan tempat ibadah oleh umat tiap agama.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla