1,03 Juta Pemilih di Daftar Pemilih Pemilu Berkelanjutan di Kabupaten Pati

101pasfmpati, Pati Kota : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menyatakan total pemilih pemilu berkelanjutan di wilayahnya mencapai lebih dari 1,03 juta jiwa. Data tersebut berdasarkan hasil rapat rekapitulasi daftar pemilih pemilu berkelanjutan periode Mei 2021.
Sesuai dengan amanah UU RI Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, KPU Kabupaten/Kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan pemiliharaan data pemilih secara berkelanjutan. Kegiatan ini dilakukan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai peraturan perundang-undangan.

Diwawancara, Rabu siang (2/6/2021), Komisioner KPU Kabupaten Pati Khoirun Nikmah mengatakan, khusus Pasal 204 ayat 1 UU RI Nomor 7 tahun 2017, pemutakhiran data pemilih oleh KPU Kabupaten/Kota juga berdasarakan daftar pemilih tetap pemilu terakhir yang dimutakhirkan secara berkelanjutan. “Rapat pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan dilakukan setiap bulan sesuai surat KPU RI Nomor 132 tanggal 24 Februari 2021 dan Surat KPU RI Nomor 266 tanggal 21 April 2021. Pemutakhiran data pemilih berkalanjutan ini bertujuan untuk memperbaharui data pemilih, seperti menambahkan pemilih baru yang belum
terdaftar dalam daftar pemilih, kemudian pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat atau TMS, dan pemilih yang mengalami perubahan elemen di data pemilih,” katanya.
Untuk Mei ini, kata Khoirun Nikmah, pemilih di Kabupaten Pati sejumlah 1.030.351 pemilih. Jumlah itu dengan rincian 506.117 pemilih laki-laki, dan 524.234 pemilih perempuan yang tersebar di 21 kecamatan.
“Dan sebagai upaya untuk mewujudkan pemilih yang berkualitas KPU Kabupaten Pati mengharapkan partisipasi masyarakat untuk memberikan masukan dan tanggapannya, apabila ada anggota keluarganya yang sudah berusia 17 tahun tapi belum masuk daftar pemilih, perubahan identitas diri misalnya alih status dari TNI/Polri atau sebaliknya atau ada anggota keluarga yang meninggal atau pindah alamat,” terangnya.
Komisioner KPU Kabupaten Pati Khoirun Nikmah mengatakan warga masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapannya melalui ww.patikab.kpu.go.id atau bit.ly/dpb-kpupati2021.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla