120 Lansia Divaksinasi Covid-19 di RSU Fatabiq Sehat Pati

101pasfmpati, Pati Kota - Sejumlah seratus dua puluh lansia di Kabupaten Pati menerima vaksinasi covid-19 di Rumah Sakit fastabiq Sehat Pati, Kamis (3/6/2021). Diharapkan vaksinasi tersebut berlangsung dalam sehari, dengan memberlakukan protokol kesehatan, serta melakukan pemantauan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) secara ketat.
Vaksinasi covid-19 bagi 120 lansia di RSU Fastabiq Sehat Pati itu, berlangsung mulai dari pukul 08.00. Pihak rumah sakit sebelum memvaksin, lebih dulu memeriksa kesehatan calon penerima vaksin. Ini untuk meminimalkan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Direktur RSU Fastabiq Sehat Pati dr Aldilla S Al Arfah MMR mengatakan, pihaknya akan memantau kondisi para lansia usai pasca vaksin selama 24 jam, sembari berharap tidak terjadi KIPI. “Bila terjadi sesuatu nanti mereka akan melaporkan di call center atau nomor pusat pelayanan yang telah kita berikan. Alhamdulillah sejauh ini vaksinasi yang dilakukan di RSU Fastabiq Sehat berjalan dengan lancar tidak ada KIPI. Ada tapi yang ringan-ringan saja, seperti mual-mual, pusing tapi Alhamdulillah setelah 30 menit hilang,” terangnya.
Salah seorang penerima vaksin Abdul Mukti (75 tahun) warga Desa Ngarus Kecamatan Pati mengaku, ketika hendak divaksin awalnya memang ada rasa takut, namun pada kenyataannya tidak seperti yang viralkan di medi-media sosial. “Saya berharap setelah vaksin ini kalau bisa penyakitnya hilang. Dan setelah ini saya sebarkan ke grup WA saya agar warga yang lainnya segera ikut vaksinasi,” tuturnya.
Aldilla mengingatkan warga masyarakat untuk tetap waspada dan ketat protokol kesehatan, ketika terjadi lonjakan kasus terkonfirmasi yang signifikan pasca lebaran seperti imbas lonjakan yang terjadi di Kabupaten Kudus. “Ternyata tidak hanya di Kudus, di Pati juga meningkat ini agar masyarakat lebih waspada. Setelah terjadi di Kudus kami selalu menilai bahwa ini potensinya sangat mungkin Pati juga demikian sekurang-kurangnya ada luapan kasus,” katanya.
Direktur RSU Fastabiq Sehat Pati dr Aldilla S Al Arfah MMR menegaskan, pihaknya telah menyiapkan tambahan tempat tidur, dari yang tadinya 20 tempat tidur yang hanya terisi separuh, sekarang dengan 49 tempat tidur hampir terisi penuh.(Agus Pambudi)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla