Kecamatan Juwana Gairahkan Donor Darah di Saat Pandemi

101pasfmpati, Pati Juwana - Sejak pandemi covid-19 melanda, persediaan darah dan gairah masyarakat donor darah untuk membantu sesama menurun. Untuk kembali menggerakan jiwa sosial membantu sesama dengan donor darah, kades, perangkat desa serta Forkompimcam, serta karyawan sejumlah perusahaan di Kecamatan Juwana melakukan gerakan donor darah.
Gerakan donor darah tersebut, untuk menggerakan masyarakat berdonor darah membantu sesama. Apalagi sejak pandemi melanda, trend masyarakat untuk donor darah turun.

Sekcam Juwana Ahmada Mangkunegara mengatakan, donor darah yang dilakukan PMI tersebut melibatkan unsur kades dan perangkat desa, TNI/Polri, ASN serta karyawan perusahaan, dapat memberikan manfaat untuk warga yang membutuhkan. “Karena donor darah ini ada kendala, di masa pandemi ini kegiatan belajar mengajar dilakukan secara virtual. Dan pada saat yang lalu sebelum pandemi rata-rata pendonor itu dari para pelajar yang mendominasi. Tapi kita tidak tinggal diam, karena di Juwana ini banyak perusahaan dan pabrik kita jalin kerja sama karyawan dan pimpinan perusahaan,” katanya.
Donor darah di wilayah Juwana, kata Pengurus PMI Pati Suharsono sudah rutin setiap tiga bulan sekali. Tapi pelaksanaan terakhir ini waktunya mundur sekitar dua pekan karena bersamaan dengan pelaksanaan vaksinasi. “Jadi ini yang donor ada masyarakat umum, TNI/Polri, PGRI, kades dan perangkat desa, stakeholder di Juwana. Sekali kegiatan ini ada 100 ampul selama pandemi, sebelum pandemi bisa mendapat lebih dari 150 ampul,” kata Suharsono.
Karena di masa pandemi, kata Sekcam Juwana Ahmada Mangkunegara, selama pelaksanaan donor darah tetap mengetatkan protokol kesehatan. Semua pendonor wajib cucui tangan, memakai masker, serta pengaturan jarak duduk antre maupun tempat donor.(pas-gus)  

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla