Bupati Pati Siapkan Instruksi Terkait Perpanjangan PPKM Level IV

101pasfmpati, Pati Kota - Setelah Pemerintah Pusat telah memutuskan untuk menerapkan PPKM Level IV sebagai kelanjutan dari PPKM Darurat, hingga 25 Juli 2021 mendatang. Bupati Pati pun bergerak cepat menindaklanjuti kebijakan itu, dengan menerbitkan Intruksi Bupati.
Dinilai efektif dalam menekan dan menurunkan kasus terkonfirmasi covid-19 secara nasional, pemerintah kembali menerapkan PPKM Level IV melanjutkan PPKM Darurat hingga akhir pekan ini. Ketentuan-ketentuan dalam Instruksi Bupati Pati menyikapi Instruksi Medagri maupun Intruksi Gubernur Jawa Tengah tentang pelaksanaan PPKM dalam penanganancovid-19.

“Jadi yang ada perubahan di lapangan adalah khususnya swalayan yang di Pati ada dua swalayan, kami berikan kebijakan, karena di situ ada penjualan bahan pokok, maupun non bahan pokok sehingga kita berikan kesempatan khususnya yang bahan pokok, seperti sayur, telur, daging, dan lain-lain, serta dibatasi hingga pukul 20.00” demikian Bupati Pati Haryanto, di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (21/7/2021), usai rakor nasional penanganan covid virtual bersama Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.
Sedang untuk sektor pendidikan, sektor esensial, sektor ekonomi seperti pasar tradisional, kata Bupati Pati ketentuannya sama seperti pada PPKM Darurat 3 – 20 Juli lalu. Khusus untuk pasar tradisional akan diberikan kelonggaran bagi pedagang untuk berjualan. Hanya perlu pengaturan separuh kapasitas pedagang di pasar tersebut. “Memang agak sulit untuk mengatur 50% pedagang, berbeda dengan yang di perkantoran. Sedang untuk sektor kritikal terutama perusahaan, hampir semuanya. Dan yang esensial hanya beberapa saja, ada enam itupun semestinya masuk kategori sektor kritikal. Tapi itu tidak masalah, karena perusahaan itu sebagian besar memproduksi untuk eksport dan makanan,” katanya.
Selama PPKM Level IV berjalan, rumah-rumah makan dan restauran hanya melayani pesanan atau take away dan melarang makan di tempat, demikian dengan kegiatan seni budaya keagamaan masih mengacu seperti ketentuan saat penerapan PKKM Darurat.(Agus Pambudi)

 

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla