Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang, Angkat Isu Berantas Mafia Tanah

101pasfmpati, Pati Margorejo - Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional mengangkat isu berantas mafia tanah, pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang tahun ini. Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang di tingkat Kabupaten Pati berlangsung di BPN Pati, Jumat pagi (24/9/2021).
Persoalan tanah yang sering terjadi dan memunculkan konflik di masyarakat, lebih karena ulah dari para mafia tanah. Untuk itu, pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2021, juga mengangkat berantas mafia tanah.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A Djalil dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Pati Haryanto pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang tingkat kabupaten mengatakan, kejatahan pertanahan atau Mafia Tanah yang meresahkan masyarakat terus menjadi sorotan untuk diperangi. Untuk itu Kementerian Agraria dan Tata Ruang dan Polri terus mengurangi dan memberantas mafia tanah ini sampai ke akarnya. “Beberapa kasus besar sudah diungkap, ada yang sudah divonis dan ada juga yang sudah divonis dan ada juga yang sedang dalam proses hukum. Bagi pegawai kementerian ATR/BPN baik ASN ataupun PPNPN jangan sekali-kali menjadi bagian dari mafia tanah. Karena akan dikenai tindakan tegas hingga memecat oknum yang terbukti terlibat,” katanya.
Pada kesempatan itu, Bupati Haryanto juga menyampaikan inovasi atau terobosan Kementerian ATR untuk mendorong dan percepatan penerbitan izin-izin pemanfaatan terkait tata ruang, dengan meluncurkan Geographyc Information System Tata ruang (Gistaru). Di antaranya RTR-online, RDTR interaktif, RTR-Builder, konsultasi publik online dan Protaru. “Seiring dengan itu, untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional , juga akan diluncurkan Sitem pendaftaran Online, Aplikasi Loketku, dan Aplikasi Permohonan Informasi Online. Aplikasi-aplikasi ini untuk meyakinkan masyarakat mengenai kelengkapan berkas persyaratan sebelum datang ke kantor pertanahan,” terangnya.
Dengan pelayanan eletronik semacam itu, kata Bupati Pati Haryanto, juga akan memberikan kemudahan kepada masyarakat, serta meningkatkan efisiensi waktu, dan transparansi pelayanan.(Agus Pambudi)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla