Rawan Abrasi, Pantai Bulumanis Kidul Jadi Sasaran Penanaman Mangrove

101pasfmpati, Pati Margoyoso - Pembukaan kawasan mangrove di pesisir laut untuk tambak oleh oknum masyarakat, berdampak terjadinya degradasi kawasan pantai, akibat abrasi. Untuk mencegah abrasi dan mengembalikan pesisir seperti semula butuh waktu lama, dan kesadaran masyarakat yang tinggi. Salah satunya seperti yang terjadi di Pantai Bulumanis Kidul Kecamatan Margoyoso.

Sebagian pesisir di sepanjang pantai di wilayah Kabupaten Pati, seperti di Pantai Bulumanis Kidul Kecamatan Margoyoso mengalami kerusakan, atau terkena abrasi, akibat pembukaan hutan-hutan mangrove. Bahkan tambak-tambaknya sekarang sudah hilang tersapu abrasi.
“Kalau lihat topografinya memang masih sangat membutuhkan penanaman mangrove. Kita punya luas pantai 99.900 meter persegi. Dan di spanjang pantai ini belum ada mangrove sama sekali, padahal untuk menahan abrasi laut dan lain-lain itu membutuhkan tanaman-tanaman itu,” demikian Kades Bulumanis Kidul Susanto saat diwawancara radio PAS Pati.
Susanto menjelaskan, pantai yang ada di desanya itu pantai lumpur sehingga jika tidak ada tanaman mangrove atau tanaman lainnya yang pada suatu saat akan mendatangkan kesulitan bagi warga masyarakatnya. “Sebenarnya kita dulu sudah pernah punya kawasan tanaman ini (mangrove). Karena memang mungkin penegakan hukumnya masih kurang sehingga banyak dibabat dan digunakan untuk tambak. Tapi tahun ini saya sudah canangkan ini dan didukung Kapolres dan Dandim jika nanti ada atau terjadi perusakan mangrove-mangrove yang sudah ditanam,” katanya.
Benar saja, Polres Pati menyasar lokasi Pantai Bulumanis Kidul Kecamatan Margoyoso ini, untuk penanaman 5ribu mangrove pada kegiatan Polda Mageri Laut belum lama ini.(Agus Pambudi)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla