Cetak
Dilihat: 115

101pasfmpati, Pati Kota - Anggota DPR RI Firman Soebagyo kembali menyerahkan puluhan unit alat dan mesin pertanian (alsintan) pertanian kepada para kelompok-kelompok tani atau gabungan kelompok tani di Kabupaten Pati. Penyerahan bantuan alat-alat dan mesin pertanian berupa traktor roda empat, traktor tangan roda dua, pompa air, cultivator, dan hand sprayer itu, dilakukan di aula BPP Pati, Selasa (26/10/2021).
Bantuan peralatan dan mesin pertanian tersebut merupakan aspirasi anggota DPR RI Firman Soebagyo bersama Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan RI. Dan penerima bantuan ini kelompok atau gabungan kelompok tani yang wajib menjadikan alsintan yang diterimanya itu sebagai aset desa.

Usai menyerahkan bantuan alsintan, Firman Soebagyo anggota Komisi IV DPR RI mengatakan, tujuan program bantuan alsintan itu untuk mendukung program pembangunan sektor pertanian desa yang berkelanjutan, lebih efektif dan efisien dengan memodernisasi pertanian untuk menekan biaya produksi. “Pemberian program bantuan ini ada kreterianya, desanya harus wilayah pertanian, dan masalah permohonan administrasi. Kenapa lama, karena harus dipenuhi dulu persyaratan administrasinya. Bila tidak ada persyaratan administrasi akan jadi temuan BPK atau aparat lainnya. Karena memberikan bantuan tanpa kelengkapan administrasi,” katanya.
Politikus Partai Golkar asal Dapil III Jawa Tengah ini, juga menegaskan dalama program bantuan ini, dia tidak menugaskan perantara atau calo yang melakukan pemunggutan atau meminta komisi. Serta tidak ada pihak-pihak manapun untuk melakukan pemotongan ataupun pungutan kepada penerima bantuan sosial. “Kalau ada pihak-pihak yang mengatasnamakan, semisal saya mengatasnamakan partai tidak ada, laporkan saja kalau ke partai ke Ketua Partai Golkar di Pati, ke dinas atau kepada kepala desa. Ini saya tegaskan karena saya sinyalir ini sering terjadi di luar kontrol saya,” tegas Firman Soebagyo yang juga anggota Badan Legislasi DPR RI.
Ketua Kelompok Tani Mardi Santoso Desa Tambakromo Kecamatan Tambakromo Imam Basuki berterima kasih karena pengajuan permohonannya telah direalisasi anggota DPRR RI putra daerah Pati. “Semoga bisa berguna dan bermanfaat kelompok tani khususnya dan petani di desa. Karena bantuan ini juga untuk desa. Karena tujuan bantuan ini untuk kemajuan pertanian desa,” katanya.
Bantuan alsintan aspirasi anggota DPR RI Firman Soebagyo bersama Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan RI untuk Kabupaten Pati terdiri dari 7 unit traktor roda empat, 22 unit traktor roda dua (hand traktor), 30 unit pompa air, 8 unit cultivator, serta 30 unit handp sprayer.(Agus Pambudi)

0
0
0
s2smodern
powered by social2s