BPBD Pati Imbau Warga Waspada Memasuki Masa Pancaroba

101pasfmpati, Pati Kota - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mengimbau masyarakat untuk waspada bencana, di saat memasuki masa pancaroba atau masa peralihan, dari musim kemarau ke musim penghujan, seperti sekarang ini. Pasalnya, di saat peralihan sering terjadi turun hujan disertai angin kencang, bahkan menimbulkan terjadinya puting beliung.

Masyarakat harus tetap waspada dengan terjadinya bencana angin puting beliung yang terjadi di saat pergantian musim seperti sekarang ini. Karena dampak yang ditimbulkan dari angin puting beliung ini, juga akan mengakibatkan kerugian besar bagi warga yang terdampak.
“Jadi di bulan Oktober ini kita sudah memasuki masa pancaroba atau masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Secara umum ditandai curah hujan yang mulai ada. Meskipun dalam durasi yang tidak panjang antara 30 menit hujan deras. Tetapi, yang perlu diwaspadai adalah hujan deras disertai angin kencang. Kejadian kemarin di Karangwono, Tambakromo sudah ada beberapa rumah yang terkena angin punting beliung dan mengakibatkan kerusakan dan menimbulkan kerugian material berupa rusaknya genting rumah,” kata Kalakhar BPBD Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetyo, Rabu (27/10/2021).
Ditambahkannya, musim penghujan diperkirakan pada November mendatang dan puncaknya pada Januari 2022. Warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai atau daerah rawan longsong diimbau waspada. Biasanya, musim hujan yang berdampak banjir, juga rawan terjadinya pergerakan tanah atau longsor. “Perilaku masyarakat yang perlu kita tekankan adalah menjaga saluran air dan jangan sampai ada timbunan sampah di sana yang menyebabkan banjir,” jelasnya..
Kalakhar BPBD Martinus Budi Prasetya menjelaskan, pihaknya telah melakukan persiapan antisipasi bencana alam banjir, alat komunikasi, perahu karet, dan sak untuk memperbaiki tanggung jebol. Dalam kesiap-siagaan bencana, BPBD bekerjasama dengan DPUTR, juga melibatkan TNI dan Polri.(Agus Pambudi)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla