Asosiasi BPD Kabupaten Pati Terbentuk, Untuk Memajukan Desa

101pasfmpati, Pati Kota - Berawal dari keinginan untuk menyatukan keharmonisan komunikasi dan koordinasi dengan pemdes dalam mendukung pembangunan desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD)  membentuk asosiasi. Ini untuk meminimalkan salah persepsi antara pemdes dan BPD.

Pembentukan  Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Pati, melibatkan perwakilan para Ketua BPD se Kabupaten Pati di Resto 57 Winong Pati, Selasa (16/11/2021). Rapat pembentukan tersebut sekaligus memilih Sugiharto Ketua BPD Kebowan Kecamatan Winong sebagai Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Pati 2021-2027.

Ketua terpilih Sugiharto mengatakan, pembentukan tersebut dilandasi keinginan adanya wadah komunikasi dan koordinasi yang harmonis BPD  dan pemerintah desa dalam melaksanaan pemerintahan dan pembangunan di desa.

“Jadi kita bekerja dengan aturan regulasi yang ada, sehingga tidak terjadi salah persepsi antara satu dengan yang lainny, keharmonisan antara pemerintah dan BPD sangat kit perlukan,” katanya.

Sugiharto menuturkan, asosiasi yang dibentuknya itu, diharapkan juga akan menjadi jembatan dan fasilitasi bila terjadi silang pendapat, salah persepsi, ataupun konflik antara personil anggota BPD dengan pemerintah desa, sesuai aturan yang ada. “Ini juga untuk memperkuat pembangunan desa mengingat BPD sebenarnya merupakan kelembagaan yang berpayung hukum kuat sesuai dengan UU Nomor 6 tahun 2014, kemudian Perda Kabupaten Pati Nomor 8 tahun 2014 dan Permendagri Nomor 110 tahun 2016 kita sebagai bagian pelaksana pemerintahan desa,” jelas Kades Kebowan periode 1999 – 2009.

Dengan adanya asosiasi ini, kata Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Pati Sugiharto, akan memberikan masukan-masukan sesuai aturannya kepada pemerintah maupun DPRD melalui koordinasi dan komunikasi yang intensif, agar anggaran ADD bisa dinaikkan untuk kesejahteraan anggota BPD, dan bisa ditambah sesuai pendapatan aset desa setempat.

Susunan pengurus Asosiasi BPD Kabupaten Pati 2021 - 2027, Penasehat Soponyono dan Sujadi, Ketua Sugiharto, Wakil Ketua Sholikin, Sekretaris Purwoko, Wakil Sekretaris Anna Markhamah, Bendahara Cahyo Suprapto, Wakil Bendahara Sunaryo, dilengkapi sepuluh divisi dan lima koordinator eks kawedanan.(Agus Pambudi)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla