Cegah Korban Jiwa Laka Lantas, Satlantas Bentuk Posko di Perbatasan Pati-Kudus

101pasfmpati, Pati Margorejo - Dalam rangka mencegah adanya korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pati membentuk posko di perbatasan Pati-Kudus.

Kaur Bin Ops Satlantas Polres Pati Ipda Muslimin mengungkapkan posko ini didirikan selama dua pekan. Selama operasi zebra candi yang berlangsung mulai Senin (15/11/2021) hingga Minggu (28/11/2021).

Selain dari personil Satlantas Polres Pati, posko ini juga beranggotakan beberapa dinas terkait. Mulai dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati, Jasa Raharja hingga Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati.

"Pembuatan posko. Jadi semacam pospam (pos pemantauan). Itu ada beberapa unsur, dari Polri, Dishub, Jasa Raharja dan Dinkes. Karena tujuannya juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas,” tutur Ipda Muslimin saat ditemui di ruang kerjanya.

Posko ini diharapkan dapat mencegah korban jiwa dari kecelakaan lalu lintas. “Termasuk mencegah korban laka. Karena di sana ada unsur kesehatan. Kalau ada kejadian laka bisa ditangani. Ada Jasa Raharja agar santunan korban laka bisa langsung tersalurkan,” jelas dia.

Posko ini berada di Perbatasan Pati-Kudus. Pihaknya memutuskan untuk membentuk posko di sana, lantaran area itu rawan terjadi kecelakaan. Terlebih jalan ini merupakan salah satu jalan utama di kawasan Pantai Utara (Pantura).

“Di sana titik lelah. Apalagi jalannya lurus. Jadi membaut orang untuk berpacu lebih tinggi lagi. Lelah, kecepatan tinggi. Jadi rawan terjadi kecelakaan,” tegas dia.

Pihaknya pun mengimbau kepada penghuni jalan untuk berhati-hati ketika berkendara. Bila lelah, pengendara diharapkan untuk istirahat terlebih dahulu. “Karena kebanyakan kecelakaan dikarenakan faktor kelalaian pengendara. Lelah, berkendara tak hati-hati hingga kendaraannya tak standar. Kebanyakan karena pengendara,” tandasnya. (Info Publik)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla