FKUB Pati Gelar Dialog Edukasi Kesadaran Beragama Memperteguh Toleransi Membangun Moderasi

101pasfmpati, Pati Kota - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pati menyelenggarakan dialog yang mengikutikan para tokoh-tokoh agama. Ini untuk kembali memperkokoh dan menjaga kerukunan antar umat beragam yang sudah terbangun baik selama ini.

Dialog dengan thema edukasi kesadaran beragama mempertgeuh toleransi membangun moderasi itu mengikutsertakan perwakilan seluruh perwakilan dari lima agama di Kabupaten Pati, kecuali Khonghucu. Acara itu berlangsung di Hotel Gritrary Perdana Pati, Sabtu pagi (20/11/2021).

Diwawancara di sela-sela acara tersebut, Koordinator Penyelenggara Muhammad Asnawi mengatakan, penyelenggaraan dialog tersebut untuk menjaga kerukunan yang selama ini sudah terjalin untuk semakin lebih baik lagi. “Karena sudah hampir dua tahun kita sempat vakum dengan kegiatan semacam ini. Jadi intinya untuk menguatkan saja, kegiatan kerukunan ini,” ujarnya.

Asnawi menuturkan, dialog yang diikuti seratusan peserta tersebut sebagai upaya preventif untuk meredam kemungkinan terjadinya gesekan yang terjadi antar umat beragama. Sebagai mediator bukan solutor, FKUB memiliki peran untuk menjaga Kabupaten Pati selalu kondusif. “Kaitan dengan unsur radikalisme, fundamentalisme, atau apapun itu yang mungkin bisa terjadi maka kita sebagai bagian dari FKUB, Insya Allah akan selalu mengendalikan itu sesuai kapasitas masing-masing dari seluruh agama yang ada,” katanya.

Dialog yang dibuka oleh Bupati Pati Haryanto ini, menghadirkan narasumber Dosen UIN Jakarta, Prof DR H Abdul Mu`ti MEd dan Ketua FKUB Jawa Tengah Drs KH Taslim Sahlan MSi.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla