SMAN 1 Jakenan Launching Pemasaran Pupuk Rumah Kompos

101pasfmpati, Pati Jakenan - Setelah satu tahun proses dan beberapa kali panen, SMA Negeri 1 Jakenan Kabupaten Pati melaunching pupuk rumah kompos yang dikembangkan sekolah setempat. Launching tersebut bersamaan peringatan HUT ke-36 SMA Negeri 1 Jakenan tahun ini.

Untuk meminimalkan dan menghindari pembakaran sampah-sampah organik, SMA Negeri 1 Jakenan memanfaatkannya menjadi pupuk kompos. Ini dengan memanfaatkan sampah organik berupa dedaunan dari pepohonan yang banyak tumbuh di lingkungan sekolah. Menurut Kepala SMA Negeri 1 Jakenan Wiyarso, banyak sampah dedaunan di sekitar halaman sekolah itu melatar-belakangi adanya rumah kompos. Di rumah kompos itu, tenaga kebersihan, guru dan siswa terlibat dalam pengolahan sampah hingga menjadi pupuk. “Selama setahun terakhir ini sudah berproses, dan beberapa kali panen, dan hari ini kita launching pemasarannya. Untuk pembukaannya sudah dilakukan setahun lalu, kemudian pemasarannya baru kali ini. Prosesnya itu dari beberap sampah di sekitar sekolah, dan kami mengambil sampah dari para penjual sari es tebu,” katanya.

Wiyarso mengatakan, untuk sampah-sampah tebu itu, pihak sekolah bahkan membuat kesepakatan bersama sejumlah penjual sari es tebu. Dari hasil pengomposan sampah hingga menjadi pupuk itu telah diaplikasikan untuk pemupukan tanaman buah-buahan di kebun buah sekolah. Bahkan, kelayakan pupuk itu sudah mendapat rekomendasi Balingtan Jakenan.

Pupuk produk rumah kompos SMA Negeri 1 Jakenan ini, juga sudah banyak digunakan. Baik warga di lingkungan sekolah maupun warga masyarakat umum, seperti halnya pengusaha tanaman hias di Pati Suwarno. “Produk dari SMA Negeri 1 jakenan ini sudah terbukti khususnya untuk tanaman hias baik aglonema atau pillo lainnya. Sudah dicoba dan diaplikasikan ke berbagai tanaman yang ada dan Alhamdulillah produk kompos Subur-35 ini sangat bagus dan bermutu tinggi,” jelasnya.

Kini pupuk produk rumah kompos SMA Negeri 1 Jakenan telah dijual kepasaran umum dengan harga Rp10ribu/bungkus isi 5 Kg.(pas-gus)

 

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla