Asap Masih Mengepul dari Tungku Oven, Petugas Damkar Disiagakan

101pasfmpati, Pati Margorejo - Kepulan asap masih menyelimuti sebagian komplek pabrik Kacang PT Dua Kelinci di Desa Bumirejo Kecamatan Margorejo. Puluhan petugas pemadam kebakaran milik pemerintah dan perusahaan di Kabupaten Pati maupun Kabupaten Kudus, masih siaga di lokasi kebakaran.

Kebakaran hebat di pabrik kacang PT Dua Kelinci pada Selasa siang (23/11/2021) sekitar pukul 11.15 kemarin masih belum tuntas hingga Rabu pagi (24/11/2021). Meski api dapat dilokalisir, namun petugas pemadam kebakaran (Damkar) masih bekerja memadamkan kepulan asap di ruang tungku oven.

Didampingi Dandim 0718/Pati Letkol CZi Adi Ilham Zamani dan Kapolres AKBP Christian Tobing, Bupati Haryanto mengunjungi pabrik kacang itu, untuk melihat dari dekat tingkat kerusakan yang ditimbulkan dari kebakaran. “Karena yang terbakar ini tungku untuk meng-oven. Kalau saat ini belum bisa dipadamkan karena ada kekawatiran. Karena besar dan dalam keadaan tertutup, semisal dibuka oleh orang yang tidak punya keahlian bisa berdampak terhadap api. Untuk itu harus bersabar,” jelasnya.

Pengalaman kebakaran serupa di pabrik kacang PT Garudafood, kata Haryanto, pemadaman total membutuhkan waktu hingga tiga hari. Dan kondisi di lokasi kebakaran, masih diupayakan untuk pemadaman total di ruang tungku oven, yang masih menyembulkan asap.

Senior Manager HRD PT Dua Kelinci Pati Topan Rudiyanto menjelaskan, kebakaran tersebut hanya mengakibatkan kerusakan sekitar 5% dari areal pabrik. Sehingga, pihaknya akan merelokasi ke tempat lain di area pabrik untuk produksi kacang garing. Untuk kerugian masih diinventarisir. “Ini butuh waktu satu atau dua hari kita sudah bisa berproduksi lagi meski kapasitasnya tidak maksimal,” katanya.

Sementara untuk mengetahui penyebab pasti, dan ada tidaknya unsur kesengajaan dalam kebakaran itu, Polres Pati mendatangkan Tim Laboratorium Forensik Polda Jawa Tengah, untuk melakukan penyelidikan.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla