BPBD Pati Gelar Apel Siaga Bencana

101pasfmpati, Pati Margorejo - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menggelar apel siaga bencana. Apel ini untuk mensinergikan tindakan dalam upaya penanggulangan bencana alam di Kabupaten Pati.

Bencana alam yang terjadi secara tiba-tiba, dan tanpa diduga, perlu kekompakan bertindak untuk meminimalkan resiko dampaknya. Untuk itu perlu sinergitas antara pemerintah daerah, TNI/Polri, dan relawan.

Diwawancara usai aple siaga bencana di halaman BPBD Kabupaten Pati, Rabu (24/11/2021), Bupati Haryanto didampingi Dandim 0718/Pati Letkol CZi Adi Ilham Zamani dan Kapolres Pati AKBP Christian Tobing mengatakan, bencana alam tidak bisa dihindari, namun masih dapat mengupayakan mengurangi resiko dampak bencana alam. Untuk itu dibuuthkan mitigasi yang tepat dan cepat sehingga dapat mengurangi resiko dampak bencana alam. “Jadi kita apelkan, TNI, Polri, Tagana, Relawan, PMI serta segala unusr yang ada. Termasuk sarana prasarana yang kita miliki. Karena bencana alam itu hadir tanpa memberitahu sehingga ketika kita sudah siap dari sisi personil maupun alat yang kita miliki akan memperingan dan mempermudah,” ujarnya.

Haryanto berharap, melalui apel siaga bencana itu dapat mengidentifikasi dan mengurangi dampak resiko bencana alam yang terjadi. Terlebih sinergitas antar personil dan antar stakeholder (pemangku kebijakan), akan lebih mudah mengetahui tempat-tempat yang akan terdampak bencana, dalam upaya penanggulangannya. “Sarana prasarana Alhamdulillah kita ada semua. Dapur umum sudah siap ada beberapa, BPBD punya, TNI/Polri punya, Brimob punya, PMI juga ada. Kemudian sarana prasarana yang lain mana kala nanti ada evakuasi kita juga punya alatnya. Meski dengan belum maksimal tapi kita sudah punya semua,” ujarnya.

Dalam upaya penanggulangan bencana alam di Kabuapten Pati, BPBD setempat menyiagakan 2.053 personil gabungan dari Kodim 0718/Pati, Polres Pati, Brimob, Polhut, Satpol PP, Tagana, PMI, Dinas Kesehatan, dan personil BPBD Pati.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla