Merasa Bukan Anggota, Seorang Warga Teken Pernyataan Tidak Dukung Parpol

Pati, Kota – Tim Verifikator temukan pengakuan warga yang identitasnya masuk daftar anggota Parpol tertentu. Karena merasa bukan anggota, atas kesadarannya sendiri  warga bersangkutan menandatangi surat pernyataan yang menerangkan dirinya tidak mendukung Parpol manapun, sebagai calon peserta Pemilu 2019.

Kedatangan tim verifikator KPU Kabupaten Pati mendatangai warga yang data identitas keanggotaan di Partai Politik dinilai bermasalah. Warga yang kedatangan petugas mengaku bingung, karena namanya didaftar sebagai anggota salah satu partai politik. Seperti yang dialami Supardi, pegawai BUMN warga Dukuh Ngaregan, Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti.
“Saya belum pernah merasa dihubungi dari pihak manapun terkait dengan keanggotaan parpol tersebut. Ini kurang pas ya. Karena sebelumnya tidak ada hubungan apa-apa  daftar kemana atau daftar kemana, kok tahu-tahu langsung terdaftar itu gimana ya,”  demikian ungkap Supardi.
Kepada tim verifikator KPU Kabupaten Pati yang melakukan verifikasi faktual ke rumahnya, Supardi memilih menandatangi surat pernyataan, yang menyatakan tidak mendukung parpol calon peserta Pemilu 2019 itu.   
Memang kedatangan tim verifikator tersebut, untuk mencocokan data dukungan keanggotaan Parpol yang telah diterima KPU, berdasarkan dokumen persyaratan keanggotaan yang diserahkan Parpol bersangkutan.
Komisioner KPU Kabupaten Pati Devisi Hukum Supriyanto SH mengatakan, saat verifikasi faktual pihaknya juga memverifikasi potensi status pekerjaan, anggota Parpol.
“Semisal TNI/Polri, PNS, Perangkat Desa, Guru sesuai data di  kartu identitasnya kita lakukan pengecekan ke lapangan, untuk memastikan bahwa mereka itu benar-benar memenuhi syarat anggota Parpol tersebut,” kata Supriyanto SH.
Dari 16 Parpol yang menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Kabupaten Pati, terdapat 19 ribu nama yang didaftarkan sebagai anggotanya. Dari total itu, KPU Kabupaten Pati menemukan 1.262 nama yang berpotensi ganda dan berstatus sebagai PNS, anggota TNI/Polri.  Hasil verifikasi faktual keanggotaan Parpol  itu, akan diumumkan secara nasional oleh KPU RI, 17 November mendatang.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla