Pabrik Pengolahan Ikan Diminta Limbahnya Tidak Cemari Lingkungan

Pati  –  Setiap kegiatan usaha harus mampu untuk mengolah limbahnya dengan baik. Sehingga limbah buangan baik padat maupun cair, tidak mencemari lingkungan sekitar.  Belum semua kegiatan usaha yang ada di Kabupaten Pati mengindahkan aturan soal pengolahan limbah hasil produksinya. Karena tanpa mengelola limbahnya dengan baik, lingkungan sekitar akan tercemar, dan mengundang reaksi masyarakat. Namun Komandan Kodim (Dandim) 0718/Pati, Letkol. Inf. Andri Amijaya Kusuma, S.Sos terkesima dengan pengelolaan limbah Pabrik Pengolahan Ikan untuk eksport PT Dua Putra Pati.

“Saya kagum dengan adanya melihat proses hasil pengolahan ikan laut segar di Dua Putra. Tidak mau kalah dengan pengolahan ikan yang ada di luar Pati. Bahkan mampu bersaing dengan pabrik pengolahan ikan luar negera baik dari sisi kualitas,dan kesegaran ikannya.Untuk itu limbah sisa proeses pengolahannya  jangan sampai mencemari lingkungan sekitar dan merugikan penduduk,” demikian ungkap Dandim Pati.
Letkol. Inf. Andri Amijaya Kusuma, S.Sos mengungkapkan, hasil dari limbah Pabrik itu sendiri selalu dalam pengawasan  dinas atau instansi terkait, sehingga tidak seperti Pabrik Ikan yang lama yang mencemari udara hingga radius 8 km.
“Dari proses pengolahan ikan sendiri juga lebih higeinis. Bahkan ruangan proses, dan setiap pekerja atau orang yang hendak masuk ruangan harus mengenakan pakaian steril,” tuturnya.
Dandim 0718/Pati, Letkol. Inf. Andri Amijaya Kusumah, S.Sos berharap, pabrik pengolahan ikan terbesar di Jawa Tengah dengan sasaran ekspor ke negara-negara eropa dan asia serta rumah makan mewah itu, limbahnya tidak mencemari lingkungan dan perairan umum yang merugikan masyarakat.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla