4.220 Penindakan Pelanggaran Selama Operasi Zebra 2017 Di Polres Pati

Pati, Kota – Razia Kepolisian bersandi Operasi Zebra selama 14 hari secara nasional, telah berakhir Selasa kemarin (14/11). Di wilayah hukum Polres Pati, petugas Satlantas, menindak ribuan pengendara baik roda dua maupun roda empat yang melanggar kedisiplinan berlalulintas di jalan raya.
Selama 14 hari berlangsungnya operasi zebra, dari 1 hingga 14 November 2017, jajaran Satlantas Polres Pati telah melakukan 4.220 penindakan. Atau meningkat 47,9% dibanding dengan operasi zebra 2016, yang hanya melakukan 2.854 penindakan pelanggaran.

Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan didampingi Kasat Lantas AKP Ikrar Potawari melalui Kaur Mintu Satlantas AIPTu Muslimin mengatakan,  meski terjadi peningkatan penindakan pelanggaran, mampu menurunkan angka kecelakaan lalulintas yang terjadi di wilayah hukum Polres Pati.  
“Tingkat kecelakaan lalulintas mengalami penunurunan, dari 30 kejadian di 2016, sedang pada 2017 ini hanya terjadi 26 kejadian. Artinya, keberhasilan operasi zebra ini 2017 ini, bisa dikatakan berhasil karena angka kecelakaan menurun, demikian halnya angka kemacetan juga tidak ada,” kata Aiptu Muslimin.
Selain itu, kata Kaur Mintu Saltantas Polres Pati, dampak dari tingkat penindakan yang lebih tinggi, pengguna jalan di  Pati  dan sekitarnya menjadi lebih tertib dibandingkan dengan sebelum pelaksanan operasi.
“Sekarang, kalau kita cari pelanggaran yang kasat mata ini sudah hampir tidak terlihat lagi. Jadi ini memang dampak positifnya sudah nampak. Mudah-mudahan masyarakat Pati dapat bertahan seperti ini terus,” katanya.
Pola operasi zebera yang baru selesai dilaksanakan, kata Kaur Mintu Satlantas Polres Pati Aiptu Muslimin, lebih banyak kepada kegiatan penegakan hukum. Dan berdasarkan data, kalangan pelajar mendominasi pelanggaran. Sehingga pasca operasi zebra, Kepolisian akan lebih mengintensifkan kegiatan preemtif berupa himbauan, dan sosialisasi dengan sekolah-sekolah.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla