Dispertan Pati Kirim Surat Edaran ke Seluruh Camat Antisipasi PMK

101pasfmpati, Pati Kota : Dinas Pertanian (Dispertan) Pati langsung merespon, menyusul munculnya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang terjadi di Jawa Timur belakangan ini. Dinas yang membidangi pertanian dan peternakan ini, langsung mengedarkan surat kepada camat untuk diteruskan ke kades terkait edukasi dan informasi penyakit tersebut.

Penyakit mulut dan kuku yang menjangkiti hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing yang terjadi di sebagian daerah di Jawa Timur, menjadi perhatian serius Dinas Pertanian (Dipertan) Kabupaten Pati. Langkah-langkah antisipasi langsung dilakukan, dengan bersurat kepada camat se Kabupaten Pati.
Kepala Dispertan Pati Niken Trimeiningrum mengatakan, surat edaran tersebut terkait informasi dan edukasi terkait penyakit hewan tersebut, agar masyarakat mengerti dan paham terhadap penyakit ternak tersebut. “Memang kepada manusia penyakit hewan ternak ini tidak menular kepada manusia, tapi untuk penularannya antar ternak bisa lebih cepat, dan kalau terjadi atau ada temuan ini harus segera dilaporkan agar segera bisa ditangani,”
Selain mengirim surat edaran, kata Niken pihaknya juga telah menyiapkan nomor-nomor kontak petugas yang sewaktu-waktu bisa dihubungi untuk menindaklanjuti informasi warga, seandainya ada temuan indikasi yang mengarah ke PMK. Masyarakat terutama para peternak, tidak perlu panik, meski penyakit ini mudah menular tapi selagi diketahui dan penanganannya lebih awal, akan cepat sembuh. “Selain PPL, dan petugas, teman-teman di Dispertan juga sudah kita arahkan untuk bisa menyampaikan informasi-informasi yang sejelas-jelasnya terhadap penyakit ini juga dampaknya seperti apa, sehingga tidak ada kepanikan di masyarakat,” terangnya.
Niken Trimeiningrum mengatakan, Dinas Pertanian juga mengimbau para peternak maupun pedagang untuk sementara waktu tidak mengambil dulu ternak-ternak dari Jawa Timur. Walau terpaksa mengambil, bisa membatasi dan lebih selektif terutama kesehatan ternak.(Agus Pambudi)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla