Depo Arsip Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Pati Belum Standar ANRI

Pati, Kota –  Depo arsip milik Pemkab Pati yang dikelola Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah. Hanya saja depo arsip untuk menyimpan ratusan ribu dokumen itu, kondisinya belum berstandart Arsip Nasional Repulik Indonesia (ANRI).  
Pemerintah Kabupaten Pati masih perlu meningkatkan fasilitas depo arsip yang ada sekarang. Sebab, kondisinya terkesan tertinggal dengan daerah-daerah lain, yang telah membangun gedung depo dan menata arsip daerahnya dengan.

Kabid Kearsipan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pati, Bernadetha Rahmat Kusumawati mengatakan, dibanding dengan kabupaten lain depo arsip Pemerintah Kabupaten Pati masih dibawah dengan kabupaten lainnya. Seperti Kabupaten Jepara dan Kabupaten Purworejo.
“Melihat sarana dan prasarana serta sumber daya manusia tentang pengelolaan jauh sangat tertinggal. Di Kabupaten Jepara saja untuk depo arsip tiga lantai pakai lift. Setiap tahun anggaran meningkat untuk pembangunan gedung sampai tiga lantai. Demikian pula di Kabupaten Purworejo dengan tiga lantai, khusus untuk anggaran deponya saja itu Rp. 3 milyar,” katanya.
Untuk depo arsip Pemkab Pati sendiri, kata Bernadetha Rahmat Kusumawati, dengan anggaran yang ada, kondisi depo arsip daerah  di Jl Agil Kusumadya, kondisinya tidak standart. Sedang di daerah lain, sudah standar kering dan anti air. Selain itu, didalam ruangannya  sudah ada pembedaan penyimpanan. Mulai dari arsip foto, arsip in aktif, sampai arsip kaset/CD. Dan setiap OPD memiliki pengelola arsip dengan anggaran yang cukup.
Saya kira kedepannya penting, untuk peneliti dan masyarakat Pati, bahwa untuk tahu pemimpin-pemimpin sebelumnya telah telah melaksanakan pemerintahan di Pati dengan baik. Seperti apa? Karena kami di Pati juga ingin menelusur pertama sampai sekarang itu kira-kira kiprahnya seperti apa, pemimpin – pemimpinnya. Karena keteladanan seorang pemimpin itu,  sebagai roh generasi di masa depan,” terangnya.
Sebagai Kabis Kearsipan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pati, Bernadetha Rahmat Kusumawati berharap,  Pemkab Pati membangunkan depo arsip yang standar ANRI. Serta ketersediaan anggaran untuk arsip yang mencukupi. Karena arsip dan perpustakaan itu menunjang urusan wajib pemerintahan, sehingga depo arsip Pemerintah Kabupaten Pati bisa sejajar dengan daerah lain.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla