Lomba Kamling Gugah Masyarakat Tingkatkan Keamanan Lingkungannya

101pasfmpati, Pati Kota : Untuk menggugah masyarakat dan meningkatkan keamanan lingkungan, Polres Pati menyelenggarakan lomba keamanan lingkungan (kamling). Tim penilai lomba ini, juga telah mengunjungi pos-pos kamling yang telah mewakili masing-masing eks kawedanan, untuk dilakukan penilaian.
Minggu (5/6/2022) sekitar pukul 19.45 hingga pukul 22.30, tim penilai lomba pos kamling Polres Pati melakukan penilaian di Sat Kamling Kampung Mertokusuman Kelurahan Pati Wetan Kecamatan Pati Kota. Tim penilai dipimpin Kasat Binmas Polres Pati AKP Eko Pujiyono.

Pada kesempatan itu, Wakapolres Pati Kompol Asfauri didampingi Kasat Binmas AKP Eko Pujiyono mengatakan, Pos Satkamling merupakan wadah untuk kegiatan preventif. “Karena dengan adanya warga masyarakat yang sedang melaksanakan jaga untuk menciptakan situasi yang kondusif, diharapkan dapat menggugah partisipasi masyarakat dalam Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) di lingkungan sekitar,” katanya.
Sementara itu, Kasat Binmas AKP Eko Pujiyono menuturkan penyelenggaraan lomba itu bagian dari rangkaian kegiatan menyongsong peringatan HUT Bhayangkara 1 Juli 2022. Ini menjadi cermin keterpaduan antar instansi terkait dalam upaya menjaga situasi keamanan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas). “Potensi keamanan yang ada didesa memiliki peran penting dalam menjaga dan memelihara keamanan di masing-masing desa. Selain itu keadilan yang bersifat restorative (Restoratif Justice) juga telah dilaksanakan ditingkat desa, maka peran serta potensi keamanan di desa semakin penting. Linmas harus memiliki skill/keahlian yang harus dilatih secara berkelanjutan, sehingga bisa bertindak dilapangan sesuai SOP,” terangnya.
Menurut Camat Pati Didik Rusdiartono, kegiatan Polres Pati dengan lomba pos kamling ini sangat positif, karena mempunyai tujuan dalam menguatkan kembali sistem keamanan lingkungan setelah selama 2 tahun ini mengalami masa pandemic covid-19. “Saya berharap kegiatan Lomba Sat Kamling ini tidak hanya seremonial saja namun dapat menggugah warga masyarakat di Kelurahan Pati Wetan dalam meningkatkan keamanan lingkungannya dengan mengaktifkan kembali kegiatan Siskamling,” tegasnya.
Pada kesempatan itu, selain menampilkan Senam Borgol oleh Karang Taruna setempat, juga simulai penanganan penyelesaian masalah (problem solving) sesuai standar operasional prosedur (SOP). Untuk juara 1 yang memenangkan lomba Pos Satkamling tingkat Polres Pati akan di tampilkan di tingkat Polda Jateng.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla