Kampung Pancasila Upaya Bumikan Kembali Pilar Kebangsaan

101pasfmpati, Pati Kota : Kodim 0718/Pati membuat gebrakan fenomenal untuk kembali membumikan Pancasila sebagai dasar NKRI, kepada warga Kabupaten Pati. Dengan pencanangan kampung-kampung Pancasila ini, generasi muda bisa lebih memahami dan akhirnya mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada sila-sila di dasar negara tersebut.
Pemukulan kentongan dan penyerahan pigura Pancasila oleh Wakil Bupati Saiful Arifin kepada Kepala Kelurahan Pati Wetan menandai pencanangan Kampung Pancasila di kelurahan setempat, Selasa (7/6/2022).

Dandim 0718/Pati Letkol Inf Catur Irawan mengatakan hingga saat ini di wilayah teritorial Kodim Pati sudah terbentuk 22 Kampung Pancasila. “Dengan adanya perwakilan di setiap akan menjadi motor bagi desa-desa lain bisa menjadi acuan, dalam melestarikan Pancasila kepada warga masyarakat,” katanya.
Letkol Inf Catur Irawan menambahkan, Pancasila tidak hanya diajarkan dalam pendidikan di sekolah yang kaku, tapi juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
Bupati Haryanto mengatakan, Pancasila sekarang ini harus dibumikan ke seluruh masyarakat di masing-masing desa hingga ke pelosok. Dan Pancasila itu merupakan satu kesatuan dari empat pilar kebangsaan, UUD’45, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.
“Kita tidak hanya seremonial seperti saja, tapi harus dengan menerapkan nilai-nilai toleransi di masyarakat. Jangan sampai hari ini kita mencanangkan, tapi besok malah terjadi pertikaian,” katanya
Degradasi dan lunturnya nilai-nilai Pancasila di kalangan milineal, harus segera diantisipasi lebih awal. Diharapkan dengan pencanangan Kampung Pancasila, dapat membuahkan manfaat kepada masyarakat, terutama memupuk persatuan dan kesatuan, gotong royong, merasa memiliki budaya dan memiliki rasa toleransi yang tinggi.
Selesai pencanganan para pejabat Forkompimda Pati meresmikan pemugaran gapura dan penanda tanganan prasasti, serta meninjau lukisan mural didampingi para tokoh di kelurahan setempat yang berpakaian adat dan diiringi rebana.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla