Jelang ASO, Belum Ada Penyelenggara Mux Bagikan STB Gratis untuk Warga Miskin

101pasfmpati, Pati Kota : Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI akan mematikan siaran televisi analog (analog switch off/ASO), paling lambat 2 November 2022. Namun hingga beberapa bulan menjelang ASO, belum ada pembagian STB gratis bagi warga miskin dan kurang mampu di Kabupaten Pati sesuai data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kemensos RI.
Dalam waktu tak lama lagi, pemerintah bakal mematikan siaran televisi analog, dan mengganti dengan siaran televisi digital. Untuk bisa mendapatkan siaran televisi digital ini, masyarakat harus menambahkan peralatan set top box (STB). Karena harganya yang masih mahal, pemerintah melalui penyelenggara siaran televisi digital multipleksing (mux), menjanjikan pembagian STB tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pati Ratri Wijayanto diwawancara di kantornya, Rabu (15/6/2022) mengatakan, hingga sekarang belum ada rencana maupun pembagian STB gratis bagi warga kurang mampu maupun miskin di Pati dari penyelenggara multipleksing. “Hingga saat ini, kami (Diskominfo) Kabupaten Pati belum menerima petunjuk arahan dari Kemen Kominfo RI. Karena hasil koordinasi terakhir masih akan dilakukan pendataan, dan Kominfo pusat akan menggandeng pihak ketiga,” terangnya.
Ratri Wijayanto menjelaskan, setelah dua tahun terbitnya UU Cipta Kerja, pemerintah harus mematikan siaran televisi analog (analog switch off/ASO). Dan mewajibkan kepada penyelenggara siaran televisi digital (mux/multipleksing) untuk membagikan dan mendistribusikan STB kepada RT miskin.
Siaran televisi analog di Kabupaten Pati sesuai rencana dimatikan pada 30 April 2022, hanya saja sampai saat ini siaran analog masih bisa disaksikan oleh masyarakat. Sehingga, asumsi pelaksanaan ASO merujuk ke UU pada 2 November 2022. “Hingga sekarang ini, belum ada penyelenggara mux (multipleksing) siaran televisi digital yang berkoordinasi dengan Diskominfo Pati, dalam pembagian STB gratis kepada RT miskin,” tegasnya.
Adanya kewajiban bagi penyelenggara mux, untuk membagikan STB-STB gratis kepada RT miskin, pihak PT Pos Pati juga melakukan koordinasi dengan Diskominfo, terkait waktu dan jumlah calon penerimanya.(Agus Pambudi)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla