KPU Siapkan Pendaftaran Peserta Pemilu 2024

101pasfmpati, Pati Kota : KPU RI secara resmi telah mengumumkan (launching) tahapan dan jadual pemilihan umum (Pemilu) 2024. Seiring dengan launching tersebut, kini mesin KPU RI hingga ke kabupaten/kota ini, mulai bekerja untuk pelaksanaan hajat demokrasi tersebut.
Selasa (14/6/2022), Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mengumumkan tahapan dan jadual pemilihan umum (Pemilu 2024). Para komisioner di lembaga penyelenggara pemilu itu, mulai mempersiapkan berbagai kelengkapan awal.

Diwawancara Jumat siang (17/6/2022), Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan mengatakan, launching tersebut sudah diatur dan sesuai dengan regulasi yang ada. “Sebagaimana diatur dalam UU Nomor 7 tahun 2017 bahwa tahapan pemilihan umum dimulai paling lambat 20 bulan sebelum pemungutan dan penghitungan suara,” terangnya.
Imbang Setyawan menjelaskan, pada saat launching secara serentak di aula KPU Kabupaten Pati, beberapa hari yang lalu terungkap pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024, akan dilaksanakan pada Rabu 14 Februari 2024. Sedang untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) direncanakan pada 27 November 2024. “Dengan pelaksanaan tahapan pemilihan umum dan sebentar lagi kita akan melakukan tahapan pendaftaran,” ujar Imbang.
Setelah menerima pendaftaran, kata Ketua KPU Kabupaten Pati, tahapan selanjutnya, KPU akan memverifikasi berkas pendaftaran administrasi, dan verifikasi faktual untuk parpol peserta pemilu 2024.(Agus Pambudi)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla