Sedekah Bumi Desa Jrahi Meriah, Setelah Dua Tahun Sepi

101pasfmpati, Pati Gunungwungkal : Seiring merendahnya kasus orang terkonfirmasi covid-19, sedekah bumi di berbagai desa di Kabupaten Pati, terselenggara dengan meriah. Demikian halnya dengan sedekah bumi di Desa Jrahi Kecamatan Gunungwungkal.
Sedekah bumi di Desa Jrahi Kecamatan Gunungwungkal tahun ini lebih semarak dan meriah, dibanding penyelenggaraan dua tahun lalu saat puncak-puncaknya pandemi covid-19. Warga dari beberapa pedukuhan di desa itu mengarak gunungan hasil bumi dan berkat masing-masing menuju di Punden Mbah Jenggot, Gili Malang untuk hajatan yang juga diikuti warga dari luar desa, Selasa (21/6/2022).

Menurut Kades Jrahi Kecamatan Gunungwungkal Miko Adi Setyawan, sedekah bumi atau bersih-bersih desa ini merupakan hajatan warga desa, atas berkah dari Yang Maha Kuasa yang telah memberikan penghidupan dalam setahun terakhir, dan dijauhkan dari segala penyakit. “Ini sebagai wujud rasa syukur berkat panen kemarin, Yang Maha Kuasa, juga tanah dan air yang kita pijak selama satu tahun ini telah memberikan berkah untuk menghidupi anak dan istri di sini, dan jauh dari penyakit. Setiap setahun sekali memang Senin Pahing Selasa Pon itu seperti itu,” jelasnya.
Miko menambahkan, sedekah bumi ini menyatukan seluruh golongan masyarakat yang ada di Desa Jrahi. Sementara gunungan hasil bumi dan berkat yang merupakan hajatan warga, setelah didoakan, akan dibagikan kepada warga dari desa lain. “Memang ini hajatan atau pesta rakyat Desa Jrahi seperti itu,” tuturnya.
Harto warga Dukuh Gili Malang Desa Jrahi mengaku, sedekah bumi tahun ini mengasyikan. Tradisi turun temurun ini, memang setiap tahunnya seperti ini, tapi dua tahun tidak semeriah dan seasyi ini. Dua tahun lalu ada, tapi dibatasi, kecuali warga setempat yang boleh ikut. “Kalau warga dusun yang tahu pasti akan ke sini. Kalau berkatan seperti ini, yang dapat banyak kita bagikan ke tetangga. Ada juga yang berkeyakinan nasi-nasi berkatan yang didapat untuk dikeringkan dan nanti saat hendak menanam padi di taburkan ke sawahnya biar tanahnya subur, dan panennya melimpah,” katanya.
Setelah prosesi hajatan di punden sesepuh desa setempati, Pemdes Jrahi juga akan memanjakan warganya dengan hiburan pentas seni tradisional kethoprak, orgen tunggal dan pentas musik dangdut.(Agus Pambudi)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla