DPR Bersama Pemerintah Upayakan Peningkatan Kesejahteraan Nelayan

Pati, Kota – DPR RI bersama Pemerintahan Jokowi, terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, melalui berbagai program. Mulai pembagian alat tangkap ikan, maupun bantuan kapal secara gratis.
Pemerintah tidak akan pernah menerbitkan kebijakan untuk menyengsarakan rakyatnya. Sebaiknya, regulasi perundang-undangan tersebut, untuk melindungi rakyat dalam berusaha, dan mensejahterakan rakyat.

“Memang ini merupakan komitmen kita bersama. Pemerintah bersama DPR memaksimalkan dan mengopitmalkan program pemberdayaan untuk nelayan kita. Namun ada satu catatan. Nelayan mana yang harus kita prioritaskan. Tentunya nelayan-nelayan kelas menengah ke bawah,” demikian anggota DPR RI Firman Soebagyo saat menyerahkan bantuan kepada nelayan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasik Agung Rembang, Rabu (22/11) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Sjarief Widjaja.
Firman Soebagyo mengatakan, saat ini Pemerintah dan DPR sedang ke tengah-tengah masyarakat untuk menata terhadap regulasi atau aturan, yang belum berpihak kepada nelayan dan masyarakat kelas menengah ke bawah. Termasuk juga soal alat tangkap cantrang, yang harus disikapi dengan bijak.
“Ternyata setelah kita pelajari regulasi kita itu masih tumpang tindih. Cantrang merupakan salah satu alat yang ketika orde baru itu merupakan kebijakan karena trawl waktu itu dilarang, pukat harimau dilarang. Sehingga ada kebijakan penggunaan alat cantrang. Namun, ada batasan-batasannya yaitu 30 GT kebawah. Karena ini peluang, maka banyak sekali pelaku usaha yang menyiasati agar kapal-kapal yang menggunakan cantrang, semua yang sudah menggunakan kapal besar itu memanipulasi speknya menjadi 30GT ini yang sebenarnya tidak boleh, karena akan mengurangi porsi penerimaan negara” katanya.
Anggota Komisi IV DPR yang juga Wakil Ketua Baleg DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Firman Soebagyo optimis, permasalahan cantrang dalam waktu dekat akan terselesaikan dengan baik, meski perlu proses.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla