Bawaslu Pati Bentuk Saka Adhyasta Pemilu Bawaslu Pati Bentuk Saka Adhyasta Pemilu

101pasfmpati, Pati Kota : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati segera mewujudkan keinginannya untuk membentuk saka adhyasta Pemilu. Pembentukan saka ini, Bawaslu menggandeng Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pati.
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati akan melibatkan sejumlah siswa setingkat SLTA dalam pengawasan Pemilu, bersama Kwarcab Gerakan Pramuka di Saka Adhyasta Pemilu. 

Diwawancara Selasa pagi (2/8/2022), Ketua Bawaslu Pati, Ahmadi mengatakan pihaknya baru bersurat kepada Kwarcab Pramuka. Ada dua sekolah yang bekerjasama dalam pembentukan gerakan saka adhyatsa ini. Sma Negeri 2 Pati dan Sma Negeri 3 Pati. “Pada tahap awal ini akan melibatkan atau merekrut 30 siswa maupun siswi untuk menjadi anggota. Nantinya dibagi masing-masing sekolah ada 15 siswa-siswi yang akan terlibat,” kata Ketua Bawaslu.
Pembentukan saka adhyatsa ini arahanya untuk membangun partisipasi aktif terutama dalam mengawasi tahapan dan pelaksanaan pemilu di Kabupaten Pati mendatang. “Sebelum terjun di masyarakat, nantinya siswa-siswi ini akan mendapatkan pembekalan. Setidaknya ada tiga materi yang dibagi menjadi tiga krida. Mulai dari krida pencegahan, pengawasan dan krida penanganan pelanggaran,” ujarnya.
Ahmadi menjelaskan, pihaknya saat ini baru melayangkan surat terlebih dulu kepada sekolah, sembari berharap, pada pertengahan Agustus ini, anggota sudah terkumpul. Dan ditargetkan September mereka sudah mendapatkan pelatihan-pelatihan.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla