Hadir di Pragolo Pati Festival, Stand BPJS Kesehatan Diserbu Masyarakat

101pasfmpati, Pati Margorejo : Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pati ke-699, BPJS Kesehatan Cabang Pati turut berpartisipasi dalam pameran Pragolo Pati Festival 2022 selama tanggal 5-7 Agustus 2022. Melalui booth yang terletak di sisi selatan Plaza Pragolo Pati, BPJS Kesehatan memberikan layanan pendaftaran peserta, perubahan data, konsultasi, serta penyampaian keluhan dan pengaduan peserta.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati Dany Saputro menyampaikan bahwa yang menjadi fokus utama dalam penyelenggaraan pameran kali ini adalah sosialisasi penggunaan Aplikasi Mobile JKN sebagai salah satu bentuk transformasi digital di bidang pelayanan publik.

“Kami secara aktif menyosialisasikan penggunaan Aplikasi Mobile JKN kepada seluruh peserta, untuk memberikan kemudahan saat mengakses layanan JKN, baik administrasi ataupun layanan di fasilitas kesehatan. Beberapa fitur unggulan yang dapat digunakan di oleh peserta antara lain pendaftaran peserta, perubahan data, antrian online di fasilitas Kesehatan, dan juga skrining Riwayat kesehatan,” ujar Dany. Ditambahkannya, peserta dapat terlebih dahulu mengunduh aplikasi Mobile JKN di Google Play Store ataupun Apple App Store.
Selain pelayanan digital tersebut, masyarakat juga dapat memanfaatkan pelayanan administrasi kepesertaan, antara lain pendaftaran PBPU, penambahan anggota keluarga, perubahan/ perbaikan data identitas peserta, perubahan fasilitas kesehatan, penonaktifan peserta meninggal/ pisah kk, dan perubahan kelas. “Tak terbatas pada hal tersebut, kami juga melayani masyarakat yang ingin berkonsultasi ataupun menyampaikan keluhan terkait layanan JKN,” imbuhnya.
Indah, Warga Kecamatan Margoyoso Pati yang juga bertugas dalam stand pameran produk UMKM di Pragolo Pati Festival mengungkapkan kepuasannya terhadap layanan BPJS Kesehatan yang dinilainya mampu memenuhi kebutuhan administrasinya. “Kebetulan rumah saya jauh dari kantor BPJS, jadi sekalian disini kami buka pameran, saya juga bisa mengurus kebutuhan BPJS saya dan keluarga.” Imbuhnya.
Untuk diketahui, hingga bulan Juli 2022, total 83% penduduk Kabupaten Pati telah terdaftar menjadi peserta JKN. Jumlah Fasilitas Kesehatan yang bekerjasama juga menunjukkan trend peningkatan, dengan jumlah mitra saat ini sebanyak 175 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdiri dari Puskesmas, Klinik, Dokter Praktik Perorangan, Dokter Gigi, Apotek PRB, Laboratorium dan Ruang Farmasi Puskesmas. Sedangkan untuk Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL), saat ini telah bekerjasama dengan 18 mitra Faskes yang terdiri dari Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta, Balai Kesehatan Masyarakat dan juga Optik.(Humas BPJS Kesehatan/pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla