Penanaman Mangrove Pulihkan Kawasan Pesisir Pantai Yang Terkikis

Pati, Tayu – Pengikisan di kawasan pantai, karena rusaknya ekosistem di lingkungan pesisir. Untuk memperbaikinya membutuhkan kepedulian dan ketekunan bertahun-tahun, dengan kembali menggencarkan penanaman mangrove atau bakau.  
Abrasi atau pengikisan kawasan pesisir laut pernah terjadi di pantai turut Desa Tunggulsari Kecamatan Tayu. Akibat rusaknya hutan bakau, yang dibuka untuk tambak. Sejak terjadinya abrasi itu, warga muali sadar melakukan penanaman bakau.

Pendamping Kelompok Masyarakat Peduli Mangrove dari LSM OISCA,  Andi Lestari Budiarso mengatakan,
dulunya di kawasan pesisir pantai di Desa Tunggulsari Kecamatan Tayu, semua lahan tambaknya terkena abrasi. Sehingga laut terus menggerus daratan. Kejadian itulah yang akhirnya menyadarkan masyarakat setempat.
“Masyarakat Desa Tunggulsari ini sangat peduli, buktinya dari sepanjang jalan menuju ke Mangrove Forestry Education, tambak-tambak dan sepanjang sungai juga ditanami pohon mangrove. Mungkin di tempat lain tidak ada yang seperti ini, karena kesadaran masyarakat di sini akan manfaat mangrove sudah tertanam,” katanya.
Pada 2009 lalu, masyarakat Desa Tunggulsasi Kecamatan Tayu, bersama kelompok-kelompok peduli lingkungan, kata Andi Lestari Budiarso, mulai melakukan penanaman mangrove/bakau mulai di pinggiran pantai yang terkena abrasi. Selama bertahun-tahun, masyarakat pun mulai merasakan dampak positifnya. Selain banyak dukungan dari berbagai pihak yang peduli lingkungan, tapi hasilnya mulai masyarakat rasakan dengan bertambahnya daratan yang menjorok ke laut sejauh 200 meter.
“Sejak 2009, hasilnya sudah terlihat dengan adanya hutan-hutan bakau, dan tinggi tanamannya sudah mencapai 4 meter.  Penambahan daratan hingga sekarang mencapai 200 meteran kearah lautnya. Dengan luasan berkisar 20an hektar yang sudah ada tanamannya sepanjang 1,5 KM,” jelasnya.
Sebagai seorang pendamping di OISCA Pati, Andi Lestari Budiarso bertekad untuk mendampingi masyarakat dari manapun dalam penanaman mangrove, hingga terwujudnya sabuk hijau hutan bakau di sepanjang pesisir pantai Desa Tunggulsari Kecamatan Tayu khususnya, dan Kabupaten Pati umumnya.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla