Gebyar Diversifikasi Pangan Kenalkan Makanan Sehat Kepada Anak

Pati, Margorejo – Pemerintah kini mulai terus menggencarkan program diversifikasi pangan ke seluruh pelosok dan lintas generasi.  Terutama kepada anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar, sehingga pemahaman tentang pangan lokal dapat tertanam sejak dini dalam kehidupan sehari-hari.
Program diversifikasi pangan kepada anak-anak SD ini penting, sebagai upaya pemerintah untuk mengubah kebutuhan masyarakat akan satu bahan makanan pokok, yakni beras. Dan melalui peningkatan diversifikasi pangan, tujuan akhir ketahanan pangan akan semakin baik.

Usai membuka Gebyar Diversifikasi Pangan Lokal yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Pemprov Jawa Tengah di halaman samping Pasar Pragola Pati, Selasa pagi (5/12), Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pati, Ir Sujono mengatakan, kegiatan itu untuk mengenalkan, dan menanamkan pemahaman  keanekaragaman pangan lokal kepada anak-anak yang masih duduk di bangku SD.
“Tujuannya sendiri bagaimana pangan lokal itu, bisa menjadi makanan alternative. Bukan tergantung pada bahan pangan beras. Jadi, divertifikasi itu keberagaman terkait dengan karbohidrat atau protein lain yang baik untuk pertumbuhan anak-anak,” katanya.
Sujono mengatakan, selain mensosialisasikan pentingnya produk pangan lokal, penyelenggara Dinas Ketahanan Pangan Pemprov Jawa Tengah juga memberikan pengetahuan mengenai diversifikasi pangan lokal, sehingga dapat  mengenal produk pangan lokal,  serta mendukung mengenai program diversifikasi pangan lokal.
“Harapan kami kedepan nanti lebih bermanfaat terutama untuk pengenalan sekaligus bagaimana bisa disosialisasikan, kemudian bisa menjadi makanan sehari-hari. Bukan sekedar makanan-makanan yang instan tapi makanan yang berbahan pangan lokal,” jelasnya.  
Pada Gebyar Diversifikasi Pangan Lokal itu, Dinas Ketahanan Pangan Pemprov Jawa Tengah, juga memamerkan produk-produk olahan pangan lokal  200 Kelompok Wanita Tani (KWT) dari Kabupaten/Kota se Jawa Tengah.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla