Peringatan HDI Tingkatkan Pemahaman Dan Kepedulian Terhadap Penyandang Disabilitas

Pati, Margorejo – Masyarakat harus mengakhiri stigma dan diskriminasi negative terhadap penyandang disabilitas. Selain itu, juga seluruh masyarakat harus paham terhadap keberadaan dan hak-hak penyandang disabilitas.
Penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan masyarakat pada umumnya. Bahkan secara khusus Pemerintah menerbitkan Undang-Undang No 8/2016, agar seluruh warga Negara menghormati dan menerima hak-hak penyandang disabilitas.

Ketua Penyelenggara Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang juga Kepala PSAA Tunas Bangsa Pati, Dra. Jiwaningsih, M.SI mengatakan, pihaknya memanfaatkan peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun ini, untuk mengedukasi dan mewujudkan masyarakat yang inklusif, agar bisa menerima, menghargai penyandang disabilitas yang memiliki hak-hak yang sama dengan warga negara yang lainnya.
“Sehingga harapan kita, semua khalayak warga masyarakat tahu tentang siapa itu penyandang disabilitas dan hak-hak yang harus kita hormati dan kita penuhi,” terangnya.
Jiwaningsih menambahkan, setiap 3 Desember, Hari Disabilitas Internasional diperingati dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman, kepedulian dan keberpihakan semua pemangku kepentingan dan masyarakat terhadap keberadaan dan hak yang dimiliki penyandang disabilitas. Diantaranya mensosialisasikan Undang-Undang No.8/2016 tentang penyandang disabilitas.
“Kita menyampaikan kepada khalayak dengan audiens stakeholder, OPD di Kabupaten Pati, penyandang disabilitas, TKSK, dan pemerhati yang peduli. Tujuan kita,  meningkatkan pemahaman dan kepedulian dan keberpihakan terhadap keberadaan dan hak yang dimiliki penyandang disabilitas,” jelasnya.
Pada puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional di PSAA Tunas Bangsa Pati, Selasa (4/12), juga digelar jalan santai bersama penyandang disabilitas, donor darah, bakti sosial pemberian 100 bingkisan kepada penyandang  disabilitas dan masyarakat kurang mampu, pemberian alat bantu dan pemeriksaan kesehatan bagi penyandang disabilitas.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla