Polres Pati Hentikan Perkara Dugaan Penyalahgunaan Wewenang Mantan Kades Semampir

Pati – Polres Pati menghentikan kasus atau perkara dugaan penyalahgunaan wewenang mantan Kades Semampir, Parmono.  Pasalnya, dalam penyelidikan tidak ditemukan cukup bukti, untuk menaikkan perkara laporan pengaduan LSM Sayap Merdeka, ke tahap penyidikan.
Penghentian perkara tersebut tertuang dalam surat pemberitahuan perkembangan hasil penyelidikan (SP2HP), yang ditandatangani  Kasat Reskrim AKP. Galih Wisnu Pradipta, SIK. MSi, atas nama Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan, SIK, tertanggal 28 Juni 2017 lalu.

Kepada radio PAS, Kasat Resrkim AKP Galih Wisnu Pradipta, SIK, MSi membenarkan, pihaknya telah menghentikan perkara dugaa penyalahgunaan wewenang dalam menggunakan uang hasil sewa lahan bengkok Kades Semampir, dan bondo Desa Semampir Kecamatan Pati.
“Karena hal itu sudah melalui pemeriksaan Inspektorat Kabupaten Pati, kasusnya dihentikan tidak bisa ditingkatkan ke tingkat penyidikan. Karena dari hasil pemeriksaan Inspektorat tadi, tidak ada kerugian negara,” jelasnya.
Dari hasil audit penghitungan kerugian negara oleh Inspektorat Kabupaten Pati, dan gelar perkara terkait peristiwa yang diadukan LSM Sayap Merdeka, kata Kasat Reskrim Polres Pati, tidak ditemukan bukti permulaan yang cukup atas dugaan penggunaan uang kompensasi pembangunan kios, penarikan retribusi dan menyewaan lahan bondo desa tahun anggaran 2008 – 2013 oleh Parmono selaku mantan Kades Semampir.
Mantan Kades Parmono mengaku, dengan terbitnya surat pemberitahunan perkembangan hasil penyelidikan (SP2HP), telah membuat terang perkara yang diadukan LSM Sayap Merdeka. Selain itu memperjelas bahwasanya, selama ini dia tidak menggunakan keuangan desa, seperti yang dituduhkan para pelapor.
“Setelah terbitnya SP2HP tersebut, kasus saya sudah menemukan titik terang. Sehingga masyarakat biar tahu dengan adanya SP2HP dan surat penjelasan laporan hasil audit operasional Desa Semampir Kecamatan Pati dari Inspektorat Kabupaten Pati, bahwasannya saya memang tidak terlibat menggunakan uang hasil sewa lahan bengkok Kades Semampir dan Bondo Desa Semampir,” katanya.
Setelah perkaranya dihentikan Polres Pati, karena tidak ditemukan cukup bukti dalam penyelidikan, Mantan Kades Semampir Kecamatan Pati, Parmono akan berkoordinasi lebih dulu dengan kuasa hukumnya. Yakni terkait, untuk menuntut balik atau tidak terhadap pihak-pihak yang selama ini telah melaporkan dirinya, atas dugaan tindak pidana.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla