Cetak
Dilihat: 485

Pati, Kota – Pemerintah Kabupaten Pati berupaya agar harga-harga kebutuhan pokok masyarakat di pasaran umum, tetap stabil, untuk beberapa pekan terakhir ini.  Upaya tersebut dilakukan dengan melakukan insspeksi mendadak ke sejumlah Pasat Tradisional.
Tim gabungan yang melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional itu, terdiri dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin), bersama Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan (Dispertanakbun), Dinas Ketahanan Pangan (Distapang), Satpol PP, dan Polres Pati.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pati Reksi Suhartono mengatakan, sidak itu untuk memantau perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas).
“Dalam hal ini untuk mengantisipasi menjelang natal dan tahun baru. Kita survei harga terkait dengan kenaikkan harga kebutuhan pokok terutama cabe, dari kemarin yang mengalami kenaikan sekitar Rp.3ribu/Kg,” terangnya.
Selain cabe, tutur Kabid Perdagangan Disdagperin Rekso Suhartono, harga kepokmas yang mengalami kenaikkan, harga telur. Saat ini harga telur naik  sekitar Rp.3 ribu/Kg. Sedang harga beras masih stabil, karena ada HET-nya.
“Kita antisipasi harga agar tidak melonjak naik, kita sudah  mengundang para pengusaha dan pemasok, agar tidak menaikkan harga atau mempermainkan harga. Sehingga jangan sampai menjelang natal dan tahun baru menjadi ajang untuk menaikkan harga,” katanya.
Menurut Kabid Perdagangan Disdagperin Rekso Hartono, kenaikkan harga seperti semua jenis cabe dan telur lebih disebabkan cuaca, sedang harga bawang putih dan bawang merah, karena saat ini sedang panen raya.(•)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s