Dua Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 Diverifikasi Faktual Keanggotaan

Pati, Kota – Setelah rampung memverifikasi faktual kepengurusan, termasuk keterwakilan dan domisili sekretariat parpol, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati berencana segera melakukan verifikasi faktual terhadap kepengurusan terhada dua parpol baru calon peserta Pemilu 2019.
Kedua parpol baru yang akan menjalani verifikasi faktual (verfak) keanggotaan oleh KPU Kabupaten Pati itu, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).  rencana verifikasi faktual (verfak) keanggotaan terhadap kedua parpol baru itu, 26-29 Desember ini.

Komisioner KPU Kabupaten Pati, Divisi Hukum Supriyanto SH menjelaskan, hasil verfak kepengurusan, keterwakilan perempuan, dan domisili Partai Perindo dan PSI sudah memenuhi syarat. Ketika verfak, pihaknya bersama Panwaskab langsung mendatangi kantor yang bersangkutan.
“Di dalam kantor, kami teliti data-data penting milik pengurus, jumlah keterwakilan perempuan, dan kantor yang digunakan untuk parpol. Data tersebut juga kami cocokkan dalam sipol. Supaya benar-benar valid karena dokumen tersebut sangat penting,” katanya kemarin.
Supriyanto SH melanjutkan, pada verfak keanggotaan mendatang, kedua parpol baru itu akan diambil sampel 10 persen anggotanya, dengan cara menemui langsung anggota yang bersangkutan.
“Sehingga hingga batas waktu yang ditentukan untuk verfak yakni 2 Januari nanti sudah selesai dan bisa ditetapkan parpol yang mengikuti pemilu. Lalu 2-4 Januari waktu yang diberikan untuk parpol jika pada saat verfak tidak bertemu orangnya dan bisa didatangkan langsung ke KPU,” bebernya.
Untuk anggota parpol yang tidak bisa ditemui di rumahnya misalnya saja meninggal, maka masuk dalam kategori tidak memenuhi syarat (TMS). Karena dari anggota partai itu sudah ada yang meninggal. Nanti pada saat anggotanya dijumlahkan secara keseluruhan kurang dari seribu, maka akan diberikan waktu untuk memperbaikinya.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla