Cetak
Dilihat: 665

Pati, Kota – Pemerintah kini mulai mengaktifkan Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA), untuk mempermudah pengurusan berkas administrasi bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Pati yang hendak bekerja ke luar negeri. Hanya saja untuk pengurusan paspor dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian, masih harus mengurus ke instansi bersangkutan.
Kabupaten Pati merupakan kantong TKI terbanyak kelima se-Jawa Tengah. Sehingga Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Tengah, mengaktifkan Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) untuk melayani TKI di Kabupaten Pati.

Diwawancara usai meresmikan LTSA Pati, Rabu pagi (17/1), Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Tengah, Dra Wika Bintang berharap, masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri, bisa mendapatkan berbagai informasi dan mengurus berkas administrasinya di LTSA tersebut.
“Bisa minta informasi disitu, bisa mengurus administrasinya disitu, bisa memperoleh PJTKI-PJTKI yang bisa memberangkatkan secara prosedural juga disitu. Jadi, harapannya semuanya selesai di gedung ini,” katanya.
Wika Bintang juga berharap, beberapa instansi yang belum dapat melayani pelayanan di Layanan Terpadu Satu Atap, bisa mendelegasikan kepada jajarannya, untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, agar tidak menunggu terlalu lama. Seperti halnya pengurusan SKCK yang masih harus ke Polda Jawa Tengah.
“Disini administrasi saja, kemudian dibawa ke Polda kemudian di bawa kesini lagi. Ini kan bolak-balik – bolak balik. Mungkin harapannya LTSA kedepan ini bisa betul-betul bisa diakses masyarakat yang akan bekerja ke luar negeri dengan cepat, murah dan efisien waktunya,” harapnya.
Di Jawa Tengah, tutur Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dra Wika Bintang, pada 2017/2018 ini direncanakan ada 9 Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA). Khususnya di kantong-kantong TKI. Sementara yang sudah diresmikan di Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Pati, dan segera menyusul Kabupaten Kendal dan Kabupaten Brebes.(•)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s