Cetak
Dilihat: 702

Pati, Pucakwangi - Bentuk dukungan TNI-AD dalam pencapaian swasembada pangan melaksanakan Gerakan Panen Padi Bersama Tahun 2018, bersama Kelompok Tani Sumber Rejeki di Desa Tanjung Sekar Kecamatan Puncakwangi.Selasa (16/01/2017)
Mewakili Dandim 0718/Pati, Kasdim Mayor Inf Muh Sholihin SAg memanen padi di areal seluas 0,4 ha dari 116 ha yang dikelola Kelompok Tani Sumber Rejeki. Dari hasil panen itu didapat perkiraan gabah kering panen (Gkp) 7,4 Ton/ha dan gabah kering giling (Gkg) 6,54 Ton/ha.

“Kita harus bersyukur bahwa saat ini, kita bisa berkumpul bersama di balaidesa Desa Tanjungsekar dalam rangka panen padi bersama Kodim dan kelompok tani Sumber Rejeki Desa Tanjungsekar kec. Pucakwangi.Hasil panen padi pada MT I tahun ini sangat baik dan harga gabah/beras yang tinggi, Swasembada pangan th 2017 telah berakhir dan sudah dapat kita lihat dan kita rasakan hasilnya sehingga hasil panen padi yang baik,” ujarnya.
Camat Pucakwangi Budi Prasetyo S.sos mengatakan, pada Januari ini, merupakan waktu panen, sehingga petani membutuhkan lumbung padi dan lantai jemur. Untuk membuat lumbung padi dan lahan untuk penjemuran ( lantai jemur) dapat dengan memanfaatkan anggaran dana desa.
“Sehingga tempat tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan bagi para petani sehingga gabah hasil panen dapat langsung dijemur/dikeringkan,” Camat Pucakwangi.
Kades Tanjungsekar Ir Irianto menyampaikan terima kasihnya atas kehadiran dari personil Kodim 0718/Pati yang telah panen padi bersama di Desa Tanjungsekar.
“Alhamdulillah saat ini sudah mulai panen dan harga gabah/beras saat ini baik, sehingga dapat dinikmati oleh para petani.Saya berharap harga gabah/ beras dapat stabil dan pemerintah jangan mengimpor beras sehinggga para petani dapat meningkat kesejahteraannya,” kata Irianto.
Atas capaian itu, Dandim 0178/Pati Letkol Arm Arief Darmawan bersama Kepala Dinas Pertanian Ir Mukhtar Effendi telah ke Jakarta untuk melaporkan hasil pertanian di wilayah Pati. Sehingga pada kesempatan itu urung hadir bersama-sama.(•)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s