Pati, Dukuhseti – Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SD Negeri Penggung 01 Dukuhseti, telah kembali normal, Senin kemarin (22/1). Normalnya kembali KBM tersebut, sekaligus mengakhir aksi mogok belajar di sekolah tersebut menyusul penolakan pemindahan Kepala SD Penggung ke tempat lain, oleh masyarakat dan wali murid.
Setelah melalui pembicaraan dan musyawarah intensif antar pihak, baik masyarakat, wali murid, UPT Kecamatan maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, aksi mogok belajar di SDN Penggung 01 Dukuhseti berakhir. Dan ratusan murid-muridnya sudah kembali bersekolah seperti biasa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati Sarpan mengatakan, sekarang kegiatan belajar mengajar (KBM) sudah kembali normal, dan semua sudah mulai masuk sekolah. Kecuali ada beberapa murid yang tidak masuk, lantaran sakit.
“Sudah, semuanya sudah selesai. Karena mendapat pembinaan langsung dari Pak Bupati. Sebetulnya itu tidak ada masalah, yang penting itu siswa harus bersekolah. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah kembali normal dan berjalan dengan baik,” Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati.
Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati Sarpan, mengenai status Saeka sendiri telah mengikuti pengukuhan sebagai Kepala SDN Wedusan di wilayah Kecamatan Dukuhseti. Bahkan setelah pengukuhan, diikuti dengan serah terima jabatan, baik di SDN Penggung 01 maupun di SDN Wedusan.
“Jadi sebetulnya seorang PNS harus melaksanakan tugas. Dan mutasi bagi seorang PNS itu merupakan hal yang biasa, tinggal melaksanakan saja,” ungkapnya.
Kehadiran murid untuk kembali bersekolah, juga peran seluruh guru di SDN Penggung 01, yang mendatangi dari rumah ke rumah wali murid untuk membujuk anak-anak mereka diperbolehkan kembali bersekolah. Apalagi bagi murid yang dalam persiapan menghadapi Ujian Akhir Sekolah Berbasis Nasional (UASBN), akan kehilangan hak pendidikan, bila wali murid bersikukuh dengan keputusan melanjutkan aksi mogok belajar. Seperti diberitakan PAS Pati, ratusan wali murid SDN Penggung 01 dan SDN Wedusan, Kecamatan Dukuhseti berunjuk rasa ke Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Kabupaten Pati, Selasa lalu (16/1), karena kecewa dengan kebijakan mutasi Kepala Sekolah.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla