Pati, Kota – Setelah status Sekdes menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), para Perangkat Desa di Kabupaten Pati akan menuntut status yang sama. Mereka pun sudah menjadualkan untuk menyampaikan aspirasi mereka itu, pada saat jajak pendapat umum di Komisi II DPR RI, beberapa pekan mendatang.
Para Perangkat Desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati, berencana akan berunjuk rasa menyampaikan aspirasi menuntut status sebagai PNS. Rencananya, mereka berunjuk rasa ke DPR RI, pada Kamis (25/1).

Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia, Cuk Suyadi mengatakan, berdasarkan hasil audensi pada 4 Desember lalu, atau yang disingkat 412 lalu, yang mana para Perangkat Desa berharap diangkat menjadi PNS. Kemudian, menuntut gaji Perangat Desa minimal setara dengan gaji PNS golongan IIA, berdasarkan masa kerja.
“Ini juga nungguin seluruh PPDI akan mengawal, karena tanggal 25 Januari nanti, akan ada jajak pendapat umum di Komisi II DPR RI, terkait pembahasan terutama terfokus tentang gaji perangkat desa yang telah disepakati dan dibahas di Jakarta,” terangnya.
Cuk Suyadi menegaskan, soal nominal, pihaknya berharap masih setara dengan lowongan IIA. Sedang penghasilan tetap (siltap) saat ini memang mencapai Rp.2juta, hanya saja belum ada ketentuan dari Pemerintah Pusat. Namun selama ini, di Kabupaten Pati sendiri, penghasilan tetap (Siltap) mencapai Rp.1,35juta.
“Hanya saja nominal itu tidak sama, bahkan ada yang masih mendapat Rp.1,1juta, ada juga yang Rp. 1,2juta, atau Rp. 1juta. Sedang gaji untuk golongan IIA, ini gajinya mencapai Rp. 1,7juta,” tutur Cuk Suyadi.
Melalui delegasi yang akan berangkat ke DPR RI untuk memperjuangkan keinginan untuk diangkat menjadi PNS, PPDI akan memberangkatkan 50 Perangkat Desa, yang terdiri dari perwakilan setiap kecamatan masing-masing 2 orang, dan 8 pengurus inti Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI). Berdasar hasil Muskerda PPDI Jawa Tengah, Perangkat Desa minimal mendapat pengakuan sebagai aparat negara yang paling bawah.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla