Jalan Kabupaten Dilarang Untuk Angkutan Berat Diatas 8 Ton

Pati, Margorejo – Pemerintah Kabupaten Pati mensosialisasikan larangan bagi angkutan berat diatas 8 ton melintas di jalan-jalan kabupaten. Ini, untuk mengantisipasi tingkat kerusakan jalan dibawah kewenangan Pemkab Pati.
Pemkab Pati akan melarang kendaraan angkutan berat melintas jalan-jalan penghubung antar kecamatan yang menjadi kewenangannya. Yakni, angkutan berat yang melebihi tonase jalan yang diperuntukkan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pati Triharyama mengungkapkan, jalan yang dilarang untuk dilalui angkutan berat diatas 8 ton itu, jalan kabupaten seperti jalan penghubung antar Kecamatan Juwana dan Jetak Kecamatan Wedarijaksa. Serta jalan penghubung antar Kecamatan Margoyoso dan Kecamatan Tayu.
“Sejak tagal 24 kemarin, kami sudah melengkapi rambu yang dibutuhkan disana,” turut Kepala Dinas Perhubungan.
Triharyama mengungkapkan, sebelum menerapkan pelarangan melintas di jalan kabupaten tersebut, pihaknya bersama Satlantas Polres Pati kini sedang mensosialisasikan kepada para pengemudi truk dan angkutan berat, serta pemasangan rambu-rambunya.
“Kemudian tim kami sudah kami jadwalkan untuk memberi sosialisasi. Tim kami dari kepolisian dalam hal ini lantas. Rambu kami pasang ketentuannya satu bulan setelah kaimi pasang kemudian ke penindakan,” jelasnya.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Triharyama mengatakan, pelarangan itu karena jalan tersebut jalan kabupaten yang sesuai kelas jalannya, dipastikan jalan-jalan kabupaten penghubung antar kecamatan yang telah dibangun menggunakan APBD Kabupaten Pati hingga milyaran rupiah, akan cepat rusak.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla