Cetak
Dilihat: 671

Pati, Kota – Penelantaran bayi oleh orang tua kandungnya dengan menitipkan kepada warga Desa Wuwur Kecamatan Gabus, langsung mendapat respon dari Dinas Sosial Kabupaten Pati. Beberapa petugasnya langsung mendatangi rumah warga yang menjadi tempat penelantaran bayi berjenis kelamin perempuan itu, Jumat pagi (2/2).
Setelah menerima laporan, yang kemudian ditindaklanjuti dengan koordinasi bersama instansi terkait lainnya, Dinas Sosial Kabupaten Pati mengirimkan petugasnya dengan mendatangi rumah keluarga pasangan suami istri Sukardi dan Suyatmuah. Yakni, di RT.1/RW. 1 Desa Wuwur Kecamatan Gabus.

Kabid Rehabilitasi dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Pati Rinda Ardiani mengatakan, pihaknya melakukan respon kasus penelantaran bayi oleh orang tua kandungnya itu, dengan kunjungan ke tempat kejadian, dengan melibat Polsek, Koramil, Puskesmas, serta Pemerintah Desa setempat.
“Untuk memastikan bahwa, anak atau bayi dalam keadaan sehat dan terlindungi. Sementara anak dalam keadaan sehat, dan rencana mau diasuh sendiri oleh keluarga Sukardi – Suyatmuah,” tutur Rinda Ardiani. Rinda Ardiani menambahkan, rencana tindaklanjut Dinas Sosial, dengan terlebih dulu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, akan membuatkan surat keterangan hak asuh sementara terhadap bayi yang ditelantarkan, kepada pasangan Sukardi – Suyatmuah.
“Karena bayi yang diterlantarkan, ini nantinya akan diumumkan kepada masyarakat melalui media selama 3 bulan. Kami menyarankan juga kepada keluarga untuk segera memperiksakan kesehatannya di bidan Puskesmas Gabus, untuk memastikan kondisi kesehatan bayi yang nantinya akan diasuh,” jelas Kabid Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Pati.
Kabid Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Pati Rinda Ardiani memperkirakan, bayi perempuan korban penelataran orang tua kandungnya dengan menyerahakan kepada orang lain itu, baru berusia 2 pekan. Perempuan bercadar dengan mengendarai sepeda motor vario merah kombinasi hitam, yang menyerahkan bayi itu kepada keluarga Sukardi – Suyatmuah itu, diduga kuat ibu kandungnya. Saat bayi diserahakn, juga disertakan pakaian bayi berupa baju, popok, selimut, susu bayi serta kelengkapan lainnya.(•)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s