Pelajar Libatkan Diri Bersih-Bersih Klenteng Jelang Imlek

Pati, Kota – Puluhan pelajar bersama warga lintas iman dan suku di Pati melibatkan diri di sekitar klentheng Hok Tek Bio Pati, Sabtu pagi (3/2). Bersih-bersih ini merupakan rangkaian menjelang perayaan tahun baru China (Imlek) beberapa hari mendatang.
Meski hujan turun sejak pagi, tak menyurutkan semangat kebersamaan pelajar dan masyarakat lintas iman di Pati bersatu bersih-bersih jelang perayaan Imlek 2569 di sekitar Klentheng Hok Tek Bio Pati. Ada sekitar 20an pelajar SMA/SMK di Pati yang terlibat dalam kegiatan bersih-bersih menjelang perayaan tahu nbaru China (Imlek). Beberapa diantaranya dari SMK Negeri Jawa Tengah, dan SMA Negeri 1 Pati.

Diah Ayu Kumalasari, pelajar SMK Negeri Jawa Tengah mengatakan, partisipasinya untuk bersih-bersih bersama masyarakat di sekitar Klentheng Hok Tek Bio Pati, sebagai bentuk toleransi, saling menghormati dan membantu pemeluk agama lain dalam merayakan Imlek tahun ini.
“Kita sebagai Indonesia dari berbagai agama jadi kita saling menghormati antar agama bersih-bersih ini toleransi saling menghargai, sebagai masyarakat Indonesia. Ada toleransi antar agama. Dan kebersihan itu sebagian dari iman semoga Allah meridhoi apa yang kita lakukan,” tuturnya.
Diah Ayu Kumalasari berharap, generasi Indonesia saling menghargai satu sama lain, dan menghindarkan konflik antar suku, agama, ras maupun antar golongan (SARA).
Hal senada diungkapkan pelajar SMA Negeri 1 Pati Eka Maulana Salsabila. Ada sepuluh pelajar SMA Negeri 1 Pati yang terlibat bersih-bersih di sekitar Klentheng Hok Tek Bio Pati. Dia mengaku, kehadirannya pada kegiatan itu, untuk menginformasikan kepada Indonesia, pelajar sebagai generasi muda dan masyarakat di Pati bisa bersinergi memperkokoh dan menjaga keutuhan bangsa dan persatuan.
“Ini, meurpakan upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan diantara kita masyarkat Indoensia dan daerah di Kabupaten Pati. Indonesia itu berbeda-beda suku agama dan ras, budaya dan kita memaknai perbedaan sebagai sarana pemersatu. Bahwa kita bisa bersatu membuat negara ini lebih mudah untuk maju. Kalau perbedaan ini dijadikan permsalahan maka tidak akan susah,” ujarrnya.
Bersih-bersih menyambut Imlek 2569 di sekitar Klentheng Hok Tek Bio, juga melibatkan aparat keamanan TNI/Polri, meski hujan turun sejak pagi sebelum pelaksanaan kegiatan.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla