Dikeluarkan Dari Klentheng, Arca Para Dewa Dibersihkan

Pati, Kota – Menyambut perayaan tahun baru (Imlek) 2569, Klentheng Hok Tek Bio mengeluarkan puluhan arca para dewa. Setelah dikeluarkan dari dalam Klentheng, arca-arca dan perlengkapannya dibersihkan dan dicuci.
Ada sekitar 30an arca dewa yang ada di dalam Klentheng Hok Tek Bio Pati. Dan menjelang Imlek tahun ini, arca-arca itu dikeluarkan setelah ada ijin juru kunci (Tangki) yang diawali dengan serangkaian ritual.

Ketua Umum Klenthen Hok Tek Bio Pati Eddy Siswanto mengatakan, arca-arca itu merupakan simbol dari para dewa.
“Diawali dengan Dewa Dapur yang akan melaporkan kejadian-kejadian selama satu tahun kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Termasuk apapun yang ada di Pati. Dan tentunya akan membawa doa untuk keselamatan untuk warga Kabupaten Pati,” tutur Eddy Siswanto.
Menurut Eddy Siswanto, rangkaian ritual yang dipimpin seorang Tangki. Setelah ada ijin dari Tangki, arca simbol para dewa dikeluarkan dari dalam klentheng. Kemudian arca dan perlengkapan dibersihkan.
“Setelah ada ijin dari Tangki (juri kunci), arca-arca itu baru dikeluarkan. Ini termasuk komplet dewa-dewanya, sekitar 30 dewa yang disimbolkan dalam bentuk arca,” tuturnya.
Ketua Umum Klentheng Hok Tek Bio Pati Eddy Siswanto menjelaskan, arca-arca itu dibersihkan setiap tahun sekali, atau setiap menjelang perayaan Imlek yang dilanjutkan dengan ritual sembahyangan, menjelang pergantian Imlek. Tahun ini, perayaan menyambut Imlek 2569, akan jatuh pada 16 Februari 2018.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla